Artikel Penilaian Pembelajaran Untuk Peserta Didik (BAB I)


Penilaian Pembelajaran Untuk Peserta Didik
BAB I
PENDAHULUAN

Setiap anak yang lahir normal (fisik-mental) berpotensi menjadi cerdas. dengan kecerdasan anak itu, anak akan mengaktualisasikan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Diakui bahwa orang yang cerdas banyak sekali jasanya dalam memajukan umat manusia. Dengan karya dan pandangan-pandangannya yang ilmiah akan mampu membebaskan manusia dari belenggu kebodohan dan ketertinggalan menuju tatanan hidup yang lebih baik dan beradab
Selama manusia berada di bumi, maka selama itu pula manusia akan membicarakan tentang pendidikan, temasuk masalah-masalah pendidikan. Salah satunya masalah pendidikan yang terus dan akan selalu dibicarakan adalah masalah mutu pendidikan yang rendah. Para pakar pendidikan dan psikologi banyak memberikan pandangan dan analisis terhadap mutu pendidikannya, tetapi hingga saat ini tidak pernah tuntas, bahkan muncul masalah-masalah pendidikan yang baru.
Dalam proses pembelajaran atau proses belajar mengajar disekolah,  seorang anak tentunya memiliki daya tangkap (daya serap) yang berbeda-beda terhadap mata pelajaran yang diberikan oleh bapak atau ibu guru. Perbedaan daya tangkap inilah yang mempengaruhi penilaian hasil belajar peserta didik. Dimana dalam proses pembelajaran tersebut, dibutuhkan penilaian dimana harus diawali dari sebuah pengukuran. Sehingga data dari hasil pengukuran atau penilaian didapatkan dapat menunjukkan proses perubahan tingkah laku peserta didik. Data tersebut bersifat kuntitatif tetapi tidak menutup kemungkinan data tersebut dapat dikualitatifkan sehingga lebih memudahkan dalam penggolongannya. 
Secara khusus dalam proses pembelajaran dikelas, penilaian dilakukan untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik, mendiagnosa kesulitan belajar, memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar dan penentuan kenaikan kelas. Dengan adanya informasi yang didapatkan dari hasil penilaian, guru dapat dengan mudah mengevalusi hasil dari proses belajar mengajar selanjutnya.

Description: Artikel Penilaian Pembelajaran Untuk Peserta Didik (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.11.00
TOP