Artikel Penilaian Pembelajaran Untuk Peserta Didik (BAB I)
PENDAHULUAN
Setiap anak yang lahir normal (fisik-mental) berpotensi
menjadi cerdas. dengan kecerdasan anak itu, anak akan mengaktualisasikan
dirinya di tengah-tengah masyarakat. Diakui bahwa orang yang cerdas banyak
sekali jasanya dalam memajukan umat manusia. Dengan karya dan
pandangan-pandangannya yang ilmiah akan mampu membebaskan manusia dari belenggu
kebodohan dan ketertinggalan menuju tatanan hidup yang lebih baik dan beradab
Selama manusia berada di bumi, maka selama itu pula manusia
akan membicarakan tentang pendidikan, temasuk masalah-masalah pendidikan. Salah
satunya masalah pendidikan yang terus dan akan selalu dibicarakan adalah
masalah mutu pendidikan yang rendah. Para pakar pendidikan dan psikologi banyak
memberikan pandangan dan analisis terhadap mutu pendidikannya, tetapi hingga
saat ini tidak pernah tuntas, bahkan muncul masalah-masalah pendidikan yang
baru.
Dalam proses pembelajaran atau proses belajar mengajar
disekolah, seorang anak tentunya
memiliki daya tangkap (daya serap) yang berbeda-beda terhadap mata pelajaran
yang diberikan oleh bapak atau ibu guru. Perbedaan daya tangkap inilah yang
mempengaruhi penilaian hasil belajar peserta didik.
Dimana dalam proses pembelajaran tersebut, dibutuhkan penilaian dimana harus
diawali dari sebuah pengukuran. Sehingga data dari hasil pengukuran atau
penilaian didapatkan dapat menunjukkan proses perubahan tingkah laku peserta
didik. Data tersebut bersifat kuntitatif tetapi tidak menutup kemungkinan data
tersebut dapat dikualitatifkan sehingga lebih memudahkan dalam penggolongannya.
Secara khusus dalam proses pembelajaran dikelas, penilaian dilakukan untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik, mendiagnosa kesulitan belajar, memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar dan penentuan kenaikan kelas. Dengan adanya informasi yang didapatkan dari hasil penilaian, guru dapat dengan mudah mengevalusi hasil dari proses belajar mengajar selanjutnya.
Secara khusus dalam proses pembelajaran dikelas, penilaian dilakukan untuk mengetahui kemajuan dan hasil belajar peserta didik, mendiagnosa kesulitan belajar, memberikan umpan balik/perbaikan proses belajar mengajar dan penentuan kenaikan kelas. Dengan adanya informasi yang didapatkan dari hasil penilaian, guru dapat dengan mudah mengevalusi hasil dari proses belajar mengajar selanjutnya.