Makalah Teori Belajar Konstruktivisme (BAB III)
PENUTUP
A. Kesimpulan
1.
Teori
Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat
generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari
berdasarkan pengalaman siswa sebelumnya dan bagaimana siswa memandang setiap
objek pengetahuan yang diterimanya untung membangun pengetahuan baru
2. Dalam pembelajaran konstruktivisme, siswa
aktif belajar dan mendapat kebebasan mengungkapkan ide/pengetahuan awalnya
terhadap objek atau lingkungan yang dihadapinya
3.
Guru sebagai fasilitator, mediator sekaligus
partner belajar siswa yang mengarahkan siswa membangun pengetahuannya
B. Saran
Makalah
ini merupakan bahan konstruk dari kelompok 2 yang tentunya merupakan sudut
pandang mahasiswa tentang pembelajaran kontsruktivisme yang memerlukan diskusi
lebih lanjut mengenai materi ini. Dari itu diperlukan saran dari dosen dan
mahasiswa lain mengenai:
1.
Penyempurnaan
makalah secarah menyeluruh dan terperinci
2. Tanggapan yang membangun dalam penyempurnaan
makalah