Makalah Epistemologi Dalam Filsafat Ilmu (BAB I)


Makalah Epistemologi Dalam Filsafat Ilmu
BAB I
PENDAHULUAN

       A.       Latar Belakang
Filsafat seringkali disebut oleh sejumlah pakar sebagai induk semang dari ilmu-ilmu. Filsafat merupakan disiplin ilmu yang berusaha untuk menunjukkan batas-batas dan ruang lingkup pengetahuan manusia secara tepat dan lebih memadai. Filsafat telah mengantarkan pada sebuah fenomena adanya siklus pengetahuan sehingga membentuk sebuah konfigurasi dengan menunjukkan bagaimana “pohon ilmu pengetahuan” telah tumbuh mekar bercabang secara subur sebagai sebuah fenomena kemanusiaan.
Perkembangan ilmu pengetahuan semakin lama semakin maju dengan munculnya ilmu-ilmu baru dengan berbagai disiplin yang akhirnya memunculkan pula sub-sub ilmu pengetahuan baru ke arah ilmu pengetahuan yang lebih khusus lagi seperti spesialisasi-spesialisasi. Ilmu pengetahuan hakekatnya dapat dilihat sebagai suatu sistem yang menjalin dan taat asas. 
Pengetahuan filsafat biasanya berkenaan dengan hakikat sesuatu sehingga kadang perbincanannya seputar hal-hal yang abstrak terhadap bangunan sebuah pengetahuan. Epistemologi merupakan salah satu cabang filsafat yang memersoalkan mengenai masalah hakikat pengetahuan.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA BAB II 
Description: Makalah Epistemologi Dalam Filsafat Ilmu (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 01.03.00
TOP