Makalah Masalah-Masalah Dalam Belajar (BAB I)
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Keberhasilan proses
pembelajaran merupakan muara dari seluruh aktivitas yang dilakukan guru dan
siswa. Artinya apapun bentuk kegiatan-kegiatan guru, mulai dari merancang
pembelajaran, memilih dan menentukan materi, Pendekatan, strategi dan metode
pembelajaran, memilih dan menentukan teknik evaluasi, semuanya diarahkan untuk
mencapai keberhasilan siswa. Meskupun guru secara bersungguh-sungguh telah
berupaya merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, namun
masalah-masalah belajar tetap akan dijumpai oleh guru.
Masalah-masalah tersebut seringkali kita temukan dalam
proses pembelajaran Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasa ditemukan
hal-hal berikut. Guru telah mengajar dengan baik. Ada siswa belajar dengan
giat. Ada siswa pura-pura belajar. Ada siswa belajar setengah hati. Bahkan ada
siswa yang tidak belajar. Dilihat dari hal-hal tersesbut dapat ditemukan adanya
masalah-masalah belajar yang dialami oleh siswa. Hal ini
merupakan pertanda bahwa belajar merupakan kegiatan yang dinamis sehingga guru
perlu secara terus menerus mencermati perubahan-perubahan yang terjadi pada
siswa di kelas.
Masalah-masalah yang dialami oleh siswa apabila tidak segera
diatasi tentunya akan menghambat proses belajar siswa dan akan berdampak pada
pencapaian tujuan dari belajar tersebut. Siswa akan berhasil dalam proses
belajar apabila siswa itu tidak mempunyai masalah yang dapat mempengaruhi
proses belajarnya. Jika terdapat siswa yang mempunyai permasalahan namun tidak
segera ditemukan solusinya, siswa akan mengalami kegagalan atau kesulitan
belajar yang dapat mengakibatkan rendah prestasinya/tidak lulus, rendahnya
prestasi belajar, minat belajar atau tidak dapat melanjutkan belajar.
Pemahaman tentang
masalah belajar memungkinkan guru dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan
munculnya masalah yang dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan
pemhaman itu pula guru dapat menentukan solusi tindakan yang dianggap tepat
jika menemukan masalah-masalah di dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh
karena itu, maka pada bagian ini Anda akan diajak untuk mengenal beberapa
masalah-masalah belajar. Terutama permasalahan belajar yang terjadi di SD
INPRES Maccanda.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
yang di maksud masalah dalam Belajar ?
2. Apa
saja faktor penyebab masalah dalam belajar ?
C. Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui apa yang di maksud dengan masalah dalam belajar !
2. Untuk
mengetahui apa saja faktor penyebab masalah-masalah dalam belajar !
D.
Manfaat
Penulisan
Sebagai bahan masukan bagi sekolah, Guru, siswa dan orang tua dalam upaya penyempurnaan dan perbaikan kualitas pembelajaran
sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan menunjang tercapainya target
kurikulum sesuai dengan yang diharapkan.
KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA BAB II
KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA BAB II