Makalah Masalah-Masalah Dalam Belajar (BAB I)


Masalah-Masalah Dalam BelajarBAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Keberhasilan proses pembelajaran merupakan muara dari seluruh aktivitas yang dilakukan guru dan siswa. Artinya apapun bentuk kegiatan-kegiatan guru, mulai dari merancang pembelajaran, memilih dan menentukan materi, Pendekatan, strategi dan metode pembelajaran, memilih dan menentukan teknik evaluasi, semuanya diarahkan untuk mencapai keberhasilan siswa. Meskupun guru secara bersungguh-sungguh telah berupaya merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik, namun masalah-masalah belajar tetap akan dijumpai oleh guru.
Masalah-masalah tersebut seringkali kita temukan dalam proses pembelajaran Dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah biasa ditemukan hal-hal berikut. Guru telah mengajar dengan baik. Ada siswa belajar dengan giat. Ada siswa pura-pura belajar. Ada siswa belajar setengah hati. Bahkan ada siswa yang tidak belajar. Dilihat dari hal-hal tersesbut dapat ditemukan adanya masalah-masalah belajar yang dialami oleh siswa. Hal ini merupakan pertanda bahwa belajar merupakan kegiatan yang dinamis sehingga guru perlu secara terus menerus mencermati perubahan-perubahan yang terjadi pada siswa di kelas.
Masalah-masalah yang dialami oleh siswa apabila tidak segera diatasi tentunya akan menghambat proses belajar siswa dan akan berdampak pada pencapaian tujuan dari belajar tersebut. Siswa akan berhasil dalam proses belajar apabila siswa itu tidak mempunyai masalah yang dapat mempengaruhi proses belajarnya. Jika terdapat siswa yang mempunyai permasalahan namun tidak segera ditemukan solusinya, siswa akan mengalami kegagalan atau kesulitan belajar yang dapat mengakibatkan rendah prestasinya/tidak lulus, rendahnya prestasi belajar, minat belajar atau tidak dapat melanjutkan belajar.
Pemahaman tentang masalah belajar memungkinkan guru dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan munculnya masalah yang dapat menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan pemhaman itu pula guru dapat menentukan solusi tindakan yang dianggap tepat jika menemukan masalah-masalah di dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Oleh karena itu, maka pada bagian ini Anda akan diajak untuk mengenal beberapa masalah-masalah belajar. Terutama permasalahan belajar yang terjadi di SD INPRES Maccanda.
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yang di maksud masalah dalam Belajar ?
2.      Apa saja faktor penyebab masalah dalam belajar ?
C.    Tujuan Penulisan
1.      Untuk mengetahui apa yang di maksud dengan masalah dalam belajar !
2.      Untuk mengetahui apa saja faktor penyebab masalah-masalah dalam belajar !
D.    Manfaat Penulisan
Sebagai bahan masukan bagi sekolah, Guru, siswa dan orang tua dalam upaya penyempurnaan dan perbaikan kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar dan menunjang tercapainya target kurikulum sesuai dengan yang diharapkan.

KLIK DI SINI UNTUK MEMBACA BAB II 
Description: Makalah Masalah-Masalah Dalam Belajar (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.27.00
TOP