Makalah Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (BAB I)
A. Latar
Belakang
Pendidikan merupakan proses
tiada henti sejak manusia dilahirkan hingga akhir hayat. Bahkan banyak pendapat
mengatakan bahwa pendidikan sudah dimulai sejak manusia masih berada dalam
kandungan (pra-natal). Pastinya, proses pendidikan akan dan harus dialami dan
dijalani oleh setiap manusia di setiap waktu. Masa usia dini (2-5
tahun) adalah salah satu fase pendidikan yang dijalani oleh manusia. Masa ini
merupakan masa pendidikan yang lebih terfokus pada psikomotor anak serta
penanaman akhlaq dan sikap hidup anak didik. Psikologi pendidikan sebagai salah
satu cabang ilmu psikologi, memberikan kontribusi penting pada proses
pendidikan anak usia dini. Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sudah sejak lama
bidang psikologi pendidikan telah digunakan sebagai landasan dalam pengembangan
teori dan praktek pendidikan dan telah memberikan kontribusi yang besar
terhadap pendidikan, diantaranya terhadap pengembangan kurikulum, sistem
pembelajaran dan sistem penilaian.
B. Rumusan
Masalah
Banyak masalah yang dapat
diangkat mengenai psikologi pendidikan dalam pendidikan anak usia dini. Pada
makalah ini penulis akan mengangkat masalah “Bagaimana peranan psikologi
pendidikan pada pendidikan anak usia dini”. Beberapa pertanyaan masalah
yang akan penulis bahas yaitu:
1.
Apa yang
dimaksud dengan psikologi pendidikan?
2.
Apa yang
dimaksud dengan pendidikan anak usia dini?
3. Bagaimana
peranan psikologi pendidikan pada pendidikan anak usia dini?