Pengertian E-Ticketing
E-ticketing atau electronic ticketing adalah suatu
cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan
pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik ataupun paper
ticket. Semua informasi mengenai electronic ticketing disimpan
secara digital dalam sistem komputer milik airline. Sebagai
bukti pengeluaran E-Ticket, pelanggan akan diberikan Itinerary
Receipt yang hanya berlaku sebagai alt untuk masuk ke dalam bandara di Indonesia
yang masih mengharuskan penumpang untuk membawa tanda bukti perjalanan.
E-ticketing (ET) adalah peluang untuk meminimalkan biaya dan mengoptimalkan
kenyamanan penumpang. E-ticketing mengurangi biaya proses tiket, menghilangkan
fomulir kertas dan meningkatkan fleksibilitas penumpang dan agen perjalanan
dalam membuat perubahan-perubahan dalam jadwal perjalanan.
Sejalan dengan perkembangan teknololgi
informasi, internet kini muncul sebagai alternative system distribusi informasi
travel. Internet merupakan m edium yang sempurna untuk menjual paket
perjalanan, karena internet sanggup membawa jaringan supplier yang luas dan
basis kostumer yang besar ke sebuah market place terpusat. Adapun pengertian
lain yaitu E-Ticketing, atau penjualan tiket online, merupakan salah satu cara
bagi orang untuk membeli tiket untuk acara lokal. Merupakan fasilitas pemesanan
tiket online yang dirancang untuk membantu kelompok masyarakat yang tidak
memiliki akses ke sistem jenis ini. Hal ini memungkinkan kelompok-kelompok masyarakat
untuk meningkatkan kegiatan dan menjual tiket secara online melalui situs web
Kingston Council.
E-Ticketing sistem untuk memudahkan orang
untuk membeli tiket untuk berbagai acara semua dari satu situs web. Tiket dapat
dibeli dengan cara ini dengan uang tunai, cek atau kredit / kartu debit. Orang
tanpa akses ke internet dapat memesan tiket melalui internet publik di terminal
atau perpustakaan di Pusat Informasi dan Visitor Centre.
Anda tak perlu lagi menghabiskan waktu
untuk mengkhawatirkan ‘keamanan’ tiket penerbangan nantinya. Lupakan resiko
hilangnya tiket, dicuri, tertinggal, atau bahkan tercebur air. Bahkan E-ticketing
memungkinkan anda, membelikan tiket untuk kerabat pada saat mendadak. Kemudahan
yang demikian ini, merupakan bukti komitmen Garuda Indonesia terhadap
konsumennya.
Siapapun dapat membeli tiket pada sistem
online. Anda harus mendaftar pada sistem pembayaran kami untuk menggunakan
sarana. Ini adalah proses yang sangat sederhana dan membantu Anda menyimpan
data yang Anda telah membeli tiket. Promoters memiliki daerah aman pada situs
e-tiket di mana mereka dapat memantau penjualan dan mencetak off daftar
orang-orang yang memesan untuk menghadiri acara mereka. Anda perlu mendaftar
sebelum Anda dapat mulai menjual tiket. Proses pendaftaran untuk meminta
informasi mengenai rincian kontak pribadi serta rincian dan kelompok masyarakat
yang harus membayar tiket pendapatan. Proses
pendaftaran juga memerlukan anda untuk menerima syarat dan ketentuan untuk
penjualan tiket on-line.
Manfaat E-Ticketing
Saat ini hanya ada beberapa cara untuk
membeli tiket untuk kegiatan kesenian masyarakat. Sistem ini akan memberikan
Anda akses cepat dan mudah untuk berbagai macam acara melalui satu situs. Ini
dapat digunakan untuk membeli tiket menggunakan kredit / kartu debit dan cek,
yang banyak gerai tiket tidak dapat dilakukan pada saat ini. Hal ini juga
sepenuhnya aman.
Setiap organisasi yang perencanaan sebuah
event dan bertanggung jawab untuk penjualan tiket untuk aktivitas dapat
meningkatkan aktivitas di situs Web. Semua promoters yang mendaftar akan
disetujui oleh administrator sebelum mereka dapat mulai menjual tiket sehingga
hanya mereka yang dapat menunjukkan bahwa mereka yang utama Acara akan
diizinkan untuk mempromosikan acara itu. Sistem ini memungkinkan Anda untuk
mempromosikan aktivitas secara gratis dan menjual tiket untuk acara ke khalayak
yang lebih luas. Hal ini juga berarti Anda tidak perlu membayar biaya untuk
menyiapkan sistem ini atau administrasi itu. E-ticketing menyediakan banyak manfaat diantaranya :
- Biaya Simpanan. Mengurangi biaya yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket tiket ke pembeli. Menghilangkan atau mengurangi memerlukan tiket untuk stok, amplop dan pos.
- Buruh Simpanan. Mengurangi tenaga kerja yang terkait dengan pencetakan dan mailing tiket. Potong bawah pada upaya yang diperlukan untuk mengambil tiket untuk membeli Akan Panggil pesanan.
- Aman dan Aman. E-Tiket selamat dan aman. Barcode validasi menghilangkan kemungkinan palsu dan duplikat tiket.
- Kehadiran Sebenarnya Pelaporan. Cari tahu berapa banyak Anda e-tiket patrons dihadiri Anda acara dan ketika mereka tiba.
- Instant Pengiriman. Tiket pembeli senang menjadi mampu mencetak tiket mereka segera. Tidak perlu menunggu surat atau menunggu di baris di acara tersebut. Pelanggan dapat mencetak tiket elektronik mereka segera setelah mereka membelinya. Hal ini membuat e-tiket yang ideal untuk hadiah menit terakhir atau menit terakhir keputusan.
- Informasi Tambahan. E-Tiket menyediakan ruang untuk tambahan informasi seperti peta jalan, arah, dan lain informasi pelanggan Anda mungkin perlu tahu.
- Periklanan. E-Tiket menyediakan kemampuan unik periklanan. Meningkatkan pendapatan perusahaan anda dengan menawarkan ruang iklan pada web Anda tiket.
Sementara
mempertahankan standar keselamatan yang tinggi merupakan prioritas utama untuk
memastikan keselamatan penerbangan, sejumlah maskapai layanan penuh telah
mengadopsi e-tiket mereka sebagai bagian dari upaya untuk
meningkatkan layanan kepada pelanggan. E-sistem tiket
penumpang yang memungkinkan sebuah buku tiket pesawat untuk mendapatkan salinan
mereka terima berisi catatan Penemu atau reservasi dan nomor e-tiket nomor.
Bahwa e-tiket sangat menguntungkan bagi kedua perusahaan penerbangan dan
pelancong. menghilangkan masalah ini dan biaya yang pelancong pengalaman ketika
mereka kehilangan tiket kertas. Jika sebuah tiket boarding terputus,
mendapatkan penggantian sering mudah seperti naik ke loket tiket dan memberikan
Anda nomor konfirmasi untuk baru satu. Sementara untuk maskapai penerbangan,
e-tiket adalah lebih murah dan lebih efisien metode pengelolaan tiket. Ia
menghilangkan manual tugas yang diperlukan untuk proses dan account untuk
kertas tiket penerbangan dan menyimpan biaya bahan lainnya, seperti tiket
jaket. Seorang penumpang yang memegang e-tiket memiliki pilihan untuk check-in
online dan cetak out nya tiket boarding di rumah atau di kantor. Layanan ini
tersedia antara 30 jam dan satu jam sebelum penumpang jadwal keberangkatan.
Dengan manfaat bagi kedua perusahaan penerbangan dan penumpang, maka tidak
mengherankan bahwa semakin banyak perusahaan penerbangan yang menyiapkan sistem
tiket elektronik - sesuatu yang telah mendapat respon antusias dari penumpang
di seluruh dunia.
Langkah-Langkah E-Ticketing
Dalam proses e-ticketing terdapat beberapa
langkah yang dapat dilakuklan guna mempermudah kita dalam pemesanan tiket
secara online dimana dengan e-ticketing kita repot mengantri dalam memesan
tiket.Langkah-langkah E-Ticketing sangat praktis, reservasi adalah
yang paling utama. Sabagai seorang mobile, sibuk dan akrab dengan e-lifestyle,
ada beberapa pilihan yang tersedia bagi anda. Menelepon Call Center
maskapai penerbangan yang dipilih. Langkah berikutnya adalah pembayaran. Dengan
mengutamakan kemudahan, anda dapat melakukannya melalui ATM, serta credit
card. Call Center yang menjamin keamanan saat memasukkan nomor credit
card. Terjamin semua informasi anda akan disimpan dengan rapi dan aman.
Jika tertinggal tanda terima perjalanan, anda dapat meminta duplikatnya di
seluruh kantor penjualan tiket maskapai penerbangan (airport).