Makalah Analisis Kelayakan Usaha (BAB I)


Analisis Kelayakan Usaha
BAB I
PENDAHULUAN

     A.  Latar Belakang
Studi kelayakan merupakan salah satu mata kuliah (study) terapan yang bersifat aplikatif, Sedangkan yang dimaksud dengan studi kelayakan bisnis, sering disebut studi kelayakan proyek adalah penelitian tentang dapat tidaknya suatu proyek (biasanya merupakan proyek investasi) dilaksanakan dengan berhasil. Istilah “proyek” mempunyai arti suatu pendirian usaha baru atau pengenalan sesuatu (barang maupun jasa) yang baru ke dalam suatu produk yang sudah ada selama ini.
Pengertian keberhasilan bagi pihak yang berorientasi profit dan pihak non profit bisa berbeda. Bagi pihak yang berorientasi semata, biasanya mengartikan keberhasilan suatu proyek dalam artian yang lebih terbatas dibandingkan dengan pihak non profit, yaitu diukur dengan keberhasilan proyek tersebut dalam menghasilkan profit. Sedangkan bagi pihak non profit (misalnya pemerintah dan lembaga non profit lainnya), pengertian berhasil bisa berujud misalnya, seberapa besar penyerapan tenaga kerjanya, pemanfaatan sumber daya yang melimpah ditempat tersebut dan faktor-faktor lain yang dipertimbangkan terutama manfaatnya bagi masyarakat luas. Semakin besar suatu proyek yang akan dijalankan, semakin luas dampak yang terjadi baik dampak ekonomis maupun sosial, sebaliknya semakin sederhana proyek yang akan dilaksanakan, semakin sederhana pula lingkup penelitian yang akan dilaksanakan. Namun sesederhana apapun baik secara formal maupun informal, sebaiknya penelitian kelayakan dilakukan sebelum proyek tersebut dilaksanakan.
Berdasarkan uraian diatas, maka penulis melakukan pembahasan mengenai study kelayakan usaha, tujuan studi kelayakan usaha, tahapan atau proses kelayakan usaha dan analisis kelayakan usaha yang disusun dalam bentuk makalah.

B.  Rumusan Masalah
Rumusan malasalah pada makalah ini adalah :
1.    Apa pengertian Study kelayakan usaha ?
2.    Apa tujuan studi kelayakan usaha ?
3.    Bagaimana proses atau tahapan kelayakan usaha ?
4.    Bagaimana analisis kelayakan usaha ?

C.  Tujuan
Tujuan pada makalah ini adalah :
1.    Mengethui pengertian study kelayakan usaha.
2.    Mengetahui tujuan studi kelayakan usaha.
3.    Mengetahui proses atau tahapan kelayakan usaha. 
4.  Mengetahui analisis kelayakan usaha.

BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI 
Description: Makalah Analisis Kelayakan Usaha (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 21.58.00
TOP