Makalah Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar (BAB I)


Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Kemajuan peradaban suatu bangsa erat hubungannya dengan pendidikan, adanya perubahan pendidikan yang bukan hanya sebagaisarana untuk menyampaikan ilmu tetap diharapkan adanya perubahan pola kehidupan yang lebih baik. Dunia pendidikan masih perlu dan harus mendapatperhatian dan prioritas dalam pembentukan anak didik yang mempunyai intelektual dan kepribadian guna melanjutkan pembangunan bangsa.
Pendidikan pada dasarnya merupakan suatu upaya untuk memberikan pengetahuan, wawasan, ketrampilan dan keahlian tertentu pada individu-individu guna mengembangkan dirinya sehinggga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Banyak faktor penyebab dari munculnya permasalahan pembelajaran. Faktor tersebut meliputi faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang muncul dari dalam diri siswa itu sendiri, seperti tingkat intelegensi dan kepribadian. Sedangkan faktor eksternal merupakan faktor yang muncul dari luar diri siswa, seperti faktor lingkungan, metode mengajar dan sistem evaluasi. Selain permasalahan tersebut, perkelahian antar pelajar juga bias menimbulkan permasalahan pembelajaran. Perkelahian antar pelajar juga bias disebabkan oleh beberapa hal. Ditinjau dari segi psikologis penyebab terjadinya perkelahian pelajar atau siswa diantaranya,
     1. Faktor internal. Siswa yang terlibat perkelahian biasanya melakukan adaptasi pada situasi lingkungan yang kompleks. Kompleks disini berarti keanekaragaman pandangan, budaya, ekonomi, dan semua rangsangan dari lingkungan yang makin lama makin beragam. Situasi ini biasanya menimbulkan tekanan pada setiap orang. Tetapi, pada siswa yang terlibat perkelahian, mereka kurang mampu untuk mengatasi, apalagi memanfaatkan situasi untuk mengembangkan dirinya. Bisanya mereka mudah putus asa,cepat melarikan diri dari masalah, menyalahkan orang atau pihak lain padasetiap masalahnya, dan memilih menggunakan cara tersingkat untuk menyelesaikan masalahnya. Ada siswa yang sering berkelahi, ditemukanbahwa mereka mengalami konflik batin, mudah frustasi, memiliki emosi yanglabil, tidak peka terhadap perasaan orang lain. Mereka biasanya membutuhkan pengakuan.
      2.   Faktor keluarga. Rumah tangga yang dipenuhi kekerasan jelas berdampak pada anak. Anak belajar bahwa kekerasan bagian dari dirinya, sehingga orangtua yang terlalu melindungi anaknya, anak akan tumbuh sebagai individuyang tidak mandiri dan tidak berani mengembangkan identitasnya yang unik. Begitu bergabung dengan teman-temannya dia akan menyerahkan dirinya secara total terhadap kelompoknya sebagai bagian dari identitas yang dibangunnya.
     3.   Faktor lingkungan. Lingkungan diantara rumah dan sekolah yang siswa alami, juga membawa dampak munculnya perkelahian. Misalnya, lingkungan rumah yang sempit, anggota lingkungan yang berperilaku buruk. Semuanya itu dapat merangsang siswa untuk belajar sesuatu dari lingkungannya, kemudain reaksi emosional yang berkembang mendukung munculnya perilaku berkelahi.
Proses belajar mengajar dalam dunia pendidikan secara umum melibatkan empat buah komponen utama yaitu murid, guru, lingkungan belajar, dan materi belajar. Keempat komponen ini mempengaruhi murid dalam mencapai tujuan belajarnya.
Menurut Abdurrahman (2003:37) hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh siswa setelah melalui kegiatan belajar. Menurut Keller hasil belajar dipengaruhi oleh besarnya usaha yang dilakukan oleh siswa, intelegensi danpenguasaan awal siswa terhadap materi yang dipelajari, serta kesempatan yang diberikan kepada siswa. Belajar mengajar pada dasarnya adalah interaksi atau hubungan timbal balik antara guru dan siswa dalam situasi pendidikan. Olehkarena itu, guru dalam mengajar dituntut kesabaran, keuletan dan sikap terbuka, disamping kemampuan dalam situasi belajar mengajar yang aktif. Demikian pula dari siswa dituntut adanya semangat dan dorongan untuk belajar.
Berbicara masalah prestasi sangatlah luas, pihak pengelola pendidikan telah melakukan berbagi usaha untuk memperoleh kualitas dan kuantitas pendidikan dalam rangka meningkatkan belajar siswa yang selanjutnya terwujudlah perubahan-perubahan dalam pengorganisasian kelas, penggunaan metode mengajar, strategi belajar mengajar, dan bertindak selaku fasilitas untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif. Prestasi belajar pada hakekatnya merupakan pencerminan dari usaha belajar. Semakin baik usaha belajar, semakin baik pula prestasi yang dicapai. Pada dasarnya keberhasilan belajar ditentukan oleh dua faktor yang berasal dari dalam diri siswa dan dari luar siswa antara lain, minat, bakat, intelgensi, motivasi, dan dukungan keluarga. Jadi tidak ada faktor tunggal yang berdiri sendiri, secara otomatis menentukan prestasi belajar seseorang.
B. Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, penulis merumuskan masalahsebagai berikut:
      1.      Apakah definisi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar ?
     2.    Faktor apakah  yang mempengaruhi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa ?
C. Tujuan
Adapun tujuan makalah sebagi berikut antara lain:
      1.      Untuk mengetahui definisi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat dengan prestasi belajar !
2.  Untuk mengetahui Faktor yang mempengaruhi lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat terhadap prestasi belajar siswa !

BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI 
Description: Makalah Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 16.47.00

1 komentar:

Mitra Penerjemah | Jasa penerjemah tersumpah di jakarta
Merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang jasa dan kami berdiri sejak tahun 2005
Kami melayani translation:
-CV
-Jurnal
-Abstrak
-Legalisasi dokumen
-Tugas Sekolah/Kuliah
-Esai/Karangan
-Dokumen penting (KK/KTP/Akta Kelahiran/Akta Tanah)

Kami juga menyediakan jasa: -SWORN TRANSLATOR resmi untuk kebutuhan pembuatan visa atau kedutaan.

File dapat dikirim melalui email:mitrapenerjemah@yahoo.com 
Kontak Kami Alamat:
Jl. Olahraga 1 no.33B, Condet Raya-Jakarta Timur
Phone. 021-50448230 – 082123532858 (Whatsapp)

website kami: www.mitrapenerjemah.com

TOP