Makalah Pengaruh Motivasi, Kepribadian dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar (BAB III)


PENUTUP

      A.    Kesimpulan
Dari beberapa uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa:
        1.      Motivasi sebagai faktor inner (batin) berfungsi menimbulkan, mendasari, mengerahkan perbuatan belajar. Motivasi dapat menentukan baik tidaknya dalam mencapai tujuan. Misalnya : anak yang memiliki motivasi yang besar akan semakin besar kesuksesan belajarnya sebaliknya anak yang motivasinya lemah maka akibatnya banyak mengalami kesulitan belajar sehingga prestasi belajarnya menurun.
         2.      Kepribadian merupakan pikiran, emosi dan perilaku khas yang dipakai   sesorang untuk beradaptasi dengan dunianya (Sadrock, 2013. Dalam belajar tidak menyangkut segi intelek, tetapi juga menyangkut kepribadian yang dimiliki oleh anak tersebut, karena apabila anak yang memiliki kepribadian yang baik maka anak akan mempunyai mental yang sehat dan ketenangan dalam emosi sehingga dapat menimbulkan hasil belajar yang baik demikian juga belajar  yang selalu sukses akan membawa harga diri anak.
        3.      Menurut Abidillah dan Barry mengemukakan pengertian konsentrasi sebagai pemusatan pikiran/perhatian. Konsentrasi merupakan sikap mental yang dimiliki setiap individu.

B.     Saran
Diharapkan dengan penulisan makalah ini, dapat dijadikan sebagai pembelajaran, betapa pentingnya motivas, kepribadian dan konsentrasi dengan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu sepatutnya ini menjadi referensi positif bagi pendidik atau pelaku pendidikan.


DAFTAR PUSTAKA

P. Abdillah dan Bahry Dahlan. Kamus Ilmiah Populer Lengkap.Arkola: Surabaya.
Sahabuddin. 2007. Belajar dan Mengajar.Badan Penerbit UNM.Makassar.
Santrock, W.John. 2013.Psikologi Pendidikan. Kencana. Jakarta.
Description: Makalah Pengaruh Motivasi, Kepribadian dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar (BAB III)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.19.00
TOP
Loading...