Makalah Pengaruh Motivasi, Kepribadian dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar (BAB III)
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari beberapa uraian
di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa:
1.
Motivasi sebagai
faktor inner (batin) berfungsi menimbulkan, mendasari, mengerahkan perbuatan
belajar. Motivasi dapat menentukan baik tidaknya dalam mencapai tujuan.
Misalnya : anak yang memiliki motivasi yang besar akan semakin besar kesuksesan
belajarnya sebaliknya anak yang motivasinya lemah maka akibatnya banyak
mengalami kesulitan belajar sehingga prestasi belajarnya menurun.
2.
Kepribadian merupakan
pikiran, emosi dan perilaku khas yang dipakai
sesorang untuk beradaptasi dengan dunianya (Sadrock, 2013. Dalam belajar
tidak menyangkut segi intelek, tetapi juga menyangkut kepribadian yang dimiliki
oleh anak tersebut, karena apabila anak yang memiliki kepribadian yang baik
maka anak akan mempunyai mental yang sehat dan ketenangan dalam emosi sehingga
dapat menimbulkan hasil belajar yang baik demikian juga belajar yang
selalu sukses akan membawa harga diri anak.
3.
Menurut Abidillah dan
Barry mengemukakan pengertian konsentrasi sebagai pemusatan pikiran/perhatian.
Konsentrasi merupakan sikap mental yang dimiliki setiap individu.
B.
Saran
Diharapkan dengan
penulisan makalah ini, dapat dijadikan sebagai pembelajaran, betapa pentingnya
motivas, kepribadian dan konsentrasi dengan prestasi belajar siswa. Oleh karena
itu sepatutnya ini menjadi referensi positif bagi pendidik atau pelaku
pendidikan.
DAFTAR PUSTAKA
P. Abdillah dan Bahry
Dahlan. Kamus Ilmiah Populer Lengkap.Arkola:
Surabaya.
Sahabuddin. 2007. Belajar dan Mengajar.Badan Penerbit
UNM.Makassar.
Santrock, W.John. 2013.Psikologi Pendidikan. Kencana. Jakarta.