Makalah Penilaian Diri Full (BAB III)


PENUTUP

  A.    Kesimpulan
  1. Nana Sudjana (1995: 3) menyatakan bahwa penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupakan tema penilaian yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu.
  2. Fungsi dan tujuan penilaian diriFungsi penilaian adalah sebagai berikut: 
    a.      Penilaian membantu siswa merealisasikan dirinya untuk mengubah atau mengembangkan perilakunya. 
    b.      Penilaian membantu siswa mendapat kepuasan atas apa yang telah dikerjakannya                         c.      Penilaian membantu guru untuk menetapkan apakah metode mengajar yang digunakannya telah memadai. 
    d.      Penilaian membantu guru membuat pertimbangan administrasi. 
    Sedangkan; tujuan dari penilaian adalah sebagai berikut : 
    a.  Mendeskripsikan kecakapan belajar siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran yang ditempuhnya. 
    b.      Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, yakni seberapa jauh keefektifannya dalam mengubah tingkah laku para siswa ke arah tujuan pendidikan yang diharapkan. 
    c.      Menentukan tindak lanjut hasil penilaian, yakni melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam hal program pendidikan dan pengajaran serta strategi pelaksanaanya. Memberikan pertanggungjawaban (accountability) dari pihak sekolah kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
       3. Penilaian diri mengacu pada keterlibatan pelajaran dalam membuat pertimbangan tentang pembelajaran mereka sendiri, terutama mengenai prestasi mereka dan hasil pembelajaran mereka (Bound & Falchikov, 1989).
            4. Keunggulan dan Kendala
                         a. Keunggulan
Keunggulan yaitu dapat juga digunakan untuk mengukur seluruh kompetensi baik kognitif, afektif dan juga psikomotor.
                      b.   Kendala
Kendala dalam pelaksanaan penilaian diri, antara lain:
1)   Karena peserta didik belum terbiasa dan terlatih, sangat terbuka kemungkinan bahwa peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam penilaian.
2)   Ada kemungkinan peserta didik sangat subjektif dalam melakukan penilaian, karena terdorong oleh keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik.
             5.      Pentingnya penilaian diri antara lain:
                        a.      Membandingkan hasil pekerjaannya dari waktu ke waktu
                        b.      Mengkreasi criteria penilaian pada suatu tugas yang diberikan
                        c.      Mendiskusikan strateginya untuk melakukan tugasnya
                        d.      Bekerja dengan teman sejawat untuk menilai dan merevisi tugasnya
                         e.      Menimbang kecenderungan tugasnya, dan menelaahnya
                         f.      Merefleksikan tugas berikutnya
              6.      Komponen strategi dalam penilaian diri yang dapat digunakan yaitu:
                        a.      Modeling using exemplars
                        b.      Questioning skills
                         c.      Grafhic organizers
                        d.      Reflection as a process for closing the learning gap
             7.      Trik-trik proses penilaian diri antara lain:
                        a.      langkah-langkah sebagai aspek penilaian
                        b.      Contoh format membuat kisi-kisi instrumen penilaian diri
                         c.      Format evaluasi diri peserta didik pd diri sendiri
                        d.      Indikator penilaian diri
                        e.      Criteria pernyataan
                        f.      Contoh format penilaian diri
                        g.      Panduan penskoran
                        h.      Analisis uji validitas dan reliablititas pada penilaian diri

B.     Saran-saran
           1.      Sebagai pamakalah mengenai penilaian diri kami meminta teman-teman kelompok lain agar ada kritikkan dan masukkannya demi kesempurnaan makalah selanjutnya.
            2.      Sebagai pamakalah mengenai penilaian diri kami deson  agar ada kritikkan dan masukkannya ada perbaikan isi dari makalah kami ini.

DAFTAR PUSTAKA

Mimin Hariyati. 2007. Model dan teknik Penilaian Pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Description: Makalah Penilaian Diri Full (BAB III)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.54.00
TOP