Makalah Penilaian Diri Full (BAB III)
PENUTUP
A. Kesimpulan
- Nana Sudjana (1995: 3) menyatakan bahwa penilaian adalah proses memberikan atau menentukan nilai kepada objek tertentu berdasarkan suatu kriteria tertentu. Proses pemberian nilai tersebut berlangsung dalam bentuk interpretasi yang diakhiri dengan judgment. Interpretasi dan judgment merupakan tema penilaian yang mengimplikasikan adanya suatu perbandingan antara kriteria dan kenyataan dalam konteks situasi tertentu.
- Fungsi dan tujuan
penilaian diriFungsi penilaian adalah
sebagai berikut:
a. Penilaian membantu siswa merealisasikan dirinya untuk mengubah atau mengembangkan perilakunya.b. Penilaian membantu siswa mendapat kepuasan atas apa yang telah dikerjakannya c. Penilaian membantu guru untuk menetapkan apakah metode mengajar yang digunakannya telah memadai.d. Penilaian membantu guru membuat pertimbangan administrasi.
Sedangkan; tujuan dari penilaian adalah sebagai berikut :
a. Mendeskripsikan kecakapan belajar siswa sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya dalam berbagai bidang studi atau mata pelajaran yang ditempuhnya.b. Mengetahui keberhasilan proses pendidikan dan pengajaran di sekolah, yakni seberapa jauh keefektifannya dalam mengubah tingkah laku para siswa ke arah tujuan pendidikan yang diharapkan.
c. Menentukan tindak lanjut hasil penilaian, yakni melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam hal program pendidikan dan pengajaran serta strategi pelaksanaanya. Memberikan pertanggungjawaban (accountability) dari pihak sekolah kepada pihak-pihak yang berkepentingan.
3. Penilaian diri mengacu pada keterlibatan pelajaran dalam membuat
pertimbangan tentang pembelajaran mereka sendiri, terutama mengenai prestasi
mereka dan hasil pembelajaran mereka (Bound & Falchikov, 1989).
4. Keunggulan
dan Kendala
a. Keunggulan
Keunggulan yaitu dapat
juga digunakan untuk mengukur seluruh kompetensi baik kognitif, afektif dan
juga psikomotor.
b. Kendala
Kendala dalam
pelaksanaan penilaian diri, antara lain:
1) Karena peserta didik belum terbiasa dan terlatih, sangat terbuka
kemungkinan bahwa peserta didik banyak melakukan kesalahan dalam penilaian.
2) Ada kemungkinan peserta didik sangat subjektif dalam melakukan
penilaian, karena terdorong oleh keinginan untuk mendapatkan nilai yang baik.
5. Pentingnya penilaian diri antara lain:
a.
Membandingkan hasil
pekerjaannya dari waktu ke waktu
b.
Mengkreasi criteria
penilaian pada suatu tugas yang diberikan
c.
Mendiskusikan strateginya
untuk melakukan tugasnya
d.
Bekerja dengan teman sejawat
untuk menilai dan merevisi tugasnya
e.
Menimbang kecenderungan
tugasnya, dan menelaahnya
f.
Merefleksikan tugas
berikutnya
6. Komponen strategi
dalam penilaian diri yang dapat digunakan yaitu:
a.
Modeling using exemplars
b.
Questioning
skills
c.
Grafhic organizers
d.
Reflection as a process for closing the
learning gap
7. Trik-trik proses penilaian diri antara lain:
a.
langkah-langkah
sebagai aspek penilaian
b.
Contoh
format membuat kisi-kisi instrumen penilaian diri
c.
Format evaluasi diri peserta didik pd
diri sendiri
d.
Indikator
penilaian diri
e.
Criteria
pernyataan
f.
Contoh format
penilaian diri
g.
Panduan penskoran
h.
Analisis uji validitas dan reliablititas pada
penilaian diri
B. Saran-saran
1.
Sebagai pamakalah mengenai penilaian
diri kami meminta teman-teman kelompok lain agar ada kritikkan dan masukkannya
demi kesempurnaan makalah selanjutnya.
2. Sebagai
pamakalah mengenai penilaian diri kami deson
agar ada kritikkan dan masukkannya ada perbaikan isi dari makalah kami
ini.
DAFTAR
PUSTAKA