Makalah Perumusan Kesimpulan Dan Rekomendasi Dalam Evaluasi (BAB I)


PENDAHULUAN
      A.    Latar Belakang
Kegiatan evaluasi merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya apa pun yang terprogram, tak terkecuali bagi program pembelajaran sebagai bagian dari program pendidikan dalam arti mikro. Melaksanakan evaluasi program pembelajaran merupakan tugas pokok seorang evaluator dalam manajemen sekolah, namun tidak berarti hanya evaluator saja yang harus memahami model-model evaluasi program pembelajaran tetapi para pendidik dan calon pendidik serta praktisi lain yang berkecimpung dalam bidang pendidikan juga perlu memahaminya. Upaya peningkatan kualitas program pembelajaran memerlukan informasi hasil evaluasi terhadap kualitas program pembelajaran sebelumnya.
Dengan demikian, untuk dapat melakukan pembaharuan program pendidikan, termasuk di dalamnya adalah program pembelajaran kegiatan evaluasi terhadap program yang sedang maupun telah berjalan sebelumnya perlu dilakukan dengan baik. Untuk dapat menyusun program yang lebih baik, hasil evaluasi program sebelumnya merupakan acuan yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk itulah, sebagai calon pendidik perlu memahami program evaluasi pembelajaran. Produk fisik sebuah evaluasi terlihat pada laporan tertulisnya. Laporan tertulis harus disusun oleh seseorang  atau tim evaluator, sehingga hasil evaluasinya dapat dipublikasikan dengan baik kepada orang atau pihak lain.

B.    Rumusan Masalah
Untuk membatasi makalah ini, pembahasan yaitu meliputi antara lain :
  1. Bagaimana perumusan kesimpulan evaluasi program?
  2. Bagaimana perumusan rekomendasi evaluasi program?
C.    Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini antara lain sebagai berikut :
  1. Mengkaji tentang perumusan kesimpulan evaluasi program. 
  2. Mengkaji tentang perumusan rekomendasi evaluasi program
Description: Makalah Perumusan Kesimpulan Dan Rekomendasi Dalam Evaluasi (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 17.24.00
TOP