Makalah Perumusan Kesimpulan Dan Rekomendasi Dalam Evaluasi (BAB I)
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Kegiatan evaluasi merupakan bagian
yang tak terpisahkan dari upaya apa pun yang terprogram, tak terkecuali bagi
program pembelajaran sebagai bagian dari program pendidikan dalam arti mikro.
Melaksanakan evaluasi program pembelajaran merupakan tugas pokok seorang
evaluator dalam manajemen sekolah, namun tidak berarti hanya evaluator saja
yang harus memahami model-model evaluasi program pembelajaran tetapi para
pendidik dan calon pendidik serta praktisi lain yang berkecimpung dalam bidang
pendidikan juga perlu memahaminya. Upaya
peningkatan kualitas program pembelajaran memerlukan informasi hasil evaluasi
terhadap kualitas program pembelajaran sebelumnya.
Dengan
demikian, untuk dapat melakukan pembaharuan program pendidikan, termasuk di
dalamnya adalah program pembelajaran kegiatan evaluasi terhadap program yang
sedang maupun telah berjalan sebelumnya perlu dilakukan dengan baik. Untuk dapat
menyusun program yang lebih baik, hasil evaluasi program sebelumnya merupakan
acuan yang tidak dapat ditinggalkan. Untuk itulah, sebagai calon pendidik perlu memahami
program evaluasi pembelajaran. Produk fisik sebuah evaluasi terlihat pada laporan tertulisnya.
Laporan tertulis harus disusun oleh seseorang atau tim evaluator,
sehingga hasil evaluasinya dapat dipublikasikan dengan baik kepada orang atau
pihak lain.
B. Rumusan Masalah
Untuk
membatasi makalah ini, pembahasan yaitu meliputi antara lain :
- Bagaimana perumusan kesimpulan evaluasi program?
- Bagaimana perumusan rekomendasi evaluasi program?
C.
Tujuan Penulisan
Tujuan
dari penulisan makalah ini antara lain sebagai berikut :
- Mengkaji tentang perumusan kesimpulan evaluasi program.
- Mengkaji tentang perumusan rekomendasi evaluasi program