Makalah Jenis-Jenis Surat (BAB I)

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Surat adalah media komunikasi dalam bentuk tulisan yang dilakukan oleh seseorang atau lembaga ke seseorang atau lembaga lainnya. Banyak kesalahan yang sering kita temukan dalam halnya penulisan surat. Maka dari itu makalah ini membahas tentang seluk beluk surat sehingga dapat memberikan informasi yang mendalam kepada pembaca.
Pengenalan terhadap jenis dan sifat surat merupakan hal yang penting diketahui agar dapat mengambil suatu tindakan atau menyelesaikan sesuatu tugas yang sesuai dengan isi atau maksud dari surat tersebut.
B.     Masalah 
Permasalahan yang akan penulis bahasa dalam makalah ini adalah sebagai berikut : 
1.      Bagaimanakah sejarah dan perkembangan surat menyurat ? 
2.      Apa saja jenis-jenis surat ? 
3.      Bagaimanakah tata cara penulisan surat yang baik dan benar ?
C.    Tujuan Penulisan
Sebagaimana yang kta ketahui bahwa masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana tata cara penulisan surat yang baik dan benar, untuk itulah makalah ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui sistematika cara penulisan surat yang baik dan benar  serta kita dapat membedakan format dan jenis-jenis surat yang  kita temui.
D.    Manfaat Penulisan
Penulisan makalah ini diharapkan bermanfaat bagi pembaca terutama mahasiswa  sebagai panduan dalam penentuan dan penulisan   surat resmi maupun tidak resmi.
E.     Metode Penulisan
Dalam penyusunan makalah ini, perlu sekali pengumpulan data serta sejumlah informasi aktual yang sesuai dengan permasalahan yang akan dibahas. Sehubungan dengan masalah tersebut dalam penyusunan makalah ini, penulis menggunakan dua metode pengumpulan data, yang pertama dengan membaca buku sumber dan yang kedua dengan pengetahuan yang penulis miliki.
F.     Tinjauan Pustaka
Dalam metode ini penyusun membaca sebuah buku dan beberapa Website, Blog yang berkaitan dengan penulisan makalah ini.
Description: Makalah Jenis-Jenis Surat (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 21.12.00
TOP