Artikel Analisis Data Kualitatif Dalam Evaluasi Program (BAB I)
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Evaluasi merupakan subsistem yang
sangat penting dan sangat di butuhkan dalam setiap sistem pendidikan, karena
evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil
pendidikan. Dengan evaluasi, maka maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat
diketahui, dan dengan evaluasi pula, kita dapat mengetahui titik kelemahan
serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan. Tanpa
evaluasi, kita tidak bisa mengetahui seberapa jauh keberhasilan siswa, dan
tanpa evaluasi pula kita tidak akan ada perubahan menjadi lebih baik, maka dari
itu secara umum evaluasi adalah suatu proses sistemik untuk mengetahui tingkat
keberhasilan suatu program.
Evaluasi pendidikan memberikan
manfaat baik bagi siswa/peserta pendidikan, pengajar maupun manajemen. Dengan
adanya evaluasi, peserta didik dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang
telah digapai selama mengikuti pendidikan. Pada kondisi dimana siswa
mendapatkan nilai yang memuaskan maka akan memberikan dampak berupa suatu
stimulus, motivator agar siswa dapat lebih meningkatkan prestasi. Pada kondisi
dimana hasil yang dicapai tidak memuaskan maka siswa akan berusaha memperbaiki
kegiatan belajar, namun demikian sangat diperlukan pemberian stimulus positif
dari guru/pengajar agar siswa tidak putus asa. Dari sisi pendidik, hasil
evaluasi dapat digunakan sebagai umpan balik untuk menetapkan upaya-upaya
meningkatkan kualitas pendidikan.
Tujuan evaluasi
program adalah berupaya mencari rekomendasi. Rekomendasi ini didapatkan dari
hasil telaah analisis data yang didapatkan dari lapangan. Dalam proses
analisis, kita melakukan beberapa perlakuan atas data yang didapat, perlakuan
ini disebut pengolahan. Pengolahan data merupakan faktor yang sangad menentukan
kualitas hasil olahannya. Mengolah data adalah suatu proses mengubah wujud data
yang diperoleh, biasanya masih termuat di dalam instrument atau catatan-catatan yang dibuat peneliti (evaluator), menjadi sebuah sajian data yang dapat
disimpulkan dan dimaknai. Analisis data kuantitatif dan kualitatif merupakan
topik yang biasa dilakukan dalam metode penelitian lanjut dan evaluasi.
B.
Rumusan
Masalah
Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah
sebagai berikut:
1. Bagaimana
Analisis Data Dalam Evaluasi Program ?
2. Bagaimana proses analisis data
kualitatif pada evaluasi program?
C.
Tujuan Penulisan
Tujuan dari penulisan makalah ini
adalah sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui bagaimana Analisis Data Evaluasi Program.
2. Untuk mengetahui proses analisis data kualitatif pada evaluasi program
BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI
2. Untuk mengetahui proses analisis data kualitatif pada evaluasi program
BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI