Artikel Analisis Data Kualitatif Dalam Evaluasi Program (BAB I)


Analisis Data Kualitatif Dalam Evaluasi Program
BAB I
PENDAHULUAN

       A.      Latar  Belakang
Evaluasi merupakan subsistem yang sangat penting dan sangat di butuhkan dalam setiap sistem pendidikan, karena evaluasi dapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuan hasil pendidikan. Dengan evaluasi, maka maju dan mundurnya kualitas pendidikan dapat diketahui, dan dengan evaluasi pula, kita dapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan. Tanpa evaluasi, kita tidak bisa mengetahui seberapa jauh keberhasilan siswa, dan tanpa evaluasi pula kita tidak akan ada perubahan menjadi lebih baik, maka dari itu secara umum evaluasi adalah suatu proses sistemik untuk mengetahui tingkat keberhasilan suatu program.
Evaluasi pendidikan memberikan manfaat baik bagi siswa/peserta pendidikan, pengajar maupun manajemen. Dengan adanya evaluasi, peserta didik dapat mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah digapai selama mengikuti pendidikan. Pada kondisi dimana siswa mendapatkan nilai yang memuaskan maka akan memberikan dampak berupa suatu stimulus, motivator agar siswa dapat lebih meningkatkan prestasi. Pada kondisi dimana hasil yang dicapai tidak memuaskan maka siswa akan berusaha memperbaiki kegiatan belajar, namun demikian sangat diperlukan pemberian stimulus positif dari guru/pengajar agar siswa tidak putus asa. Dari sisi pendidik, hasil evaluasi dapat digunakan sebagai umpan balik untuk menetapkan upaya-upaya meningkatkan kualitas pendidikan.
Tujuan evaluasi program adalah berupaya mencari rekomendasi. Rekomendasi ini didapatkan dari hasil telaah analisis data yang didapatkan dari lapangan. Dalam proses analisis, kita melakukan beberapa perlakuan atas data yang didapat, perlakuan ini disebut pengolahan. Pengolahan data merupakan faktor yang sangad menentukan kualitas hasil olahannya. Mengolah data adalah suatu proses mengubah wujud data yang diperoleh, biasanya masih termuat di dalam instrument atau catatan-catatan yang dibuat peneliti (evaluator), menjadi sebuah sajian data yang dapat disimpulkan dan dimaknai. Analisis data kuantitatif dan kualitatif merupakan topik yang biasa dilakukan dalam metode penelitian lanjut dan evaluasi.

B.       Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah pada makalah ini adalah sebagai berikut:
1.       Bagaimana Analisis Data Dalam Evaluasi Program ?
2.       Bagaimana proses analisis data kualitatif pada evaluasi program?

C.    Tujuan Penulisan
      Tujuan dari penulisan makalah ini adalah  sebagai berikut :
            1.     Untuk mengetahui  bagaimana Analisis Data Evaluasi Program. 
            2.   Untuk mengetahui proses analisis data kualitatif pada evaluasi program
  
       BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI 
Description: Artikel Analisis Data Kualitatif Dalam Evaluasi Program (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.51.00
TOP