Makalah Business Plan (BAB III)


PENUTUP
      A.    Kesimpulan
     1.  Pengertian Business plan merupakan suatu dokumen yang menyatakan keyakinan akan kemampuan sebuah bisnis untuk menjual barang atau jasa dengan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan menarik bagi penyandang dana.
2.      Perencanaan bisnis sangat penting karena merupakan legitimasi dari sebuah usaha yang akan didirikan. Orang perlu mengetahui segala sesuatu tentang perusahaan anda sehingga tertarik untuk bekerja sama.
3.  Manfaat perencanaan bisnis salah satu diantaranya yaitu membantu wirausahawan untuk berpikir tentang bisnisnya melalui ide-ide yang dituangkan dalam sebuah rencana yang terintegrasi dengan baik.
4.   Bentuk kerangka rencana bisnis yaitu nama perusahaan, lokasi, komoditi yang akan diusahakan , konsumen yang dituju, pasar yang akan dimasukI , partner yang akan diajak kerjasama,personil yang dipercaya untuk menjalankan perusahaan, jumlah modal yang diharapkan dan yang diharapkan dan yang tersedia, peralatan perusahaan yang perlu disediakan, penyebaran promosi.
5.  Bentuk formal perencanaan bisnis yaitu halaman depan, daftar isi, rangkuman eksekutif, penjelasan tentang perusahaan, pemasaran, barang dan jasa yang dihasilkan, usaha meningkatkan penjualan, permodalan, appendix.
B.     Saran
Sebaiknya mahasiswa yang ingin memulai wirausaha terlebih dahulu harus memiliki perencanaan bisnis dulu agar ide-ide yang dituangkan dalam sebuah rencana dapat terintegrasi dengan baik.

DAFTAR PUSTAKA

Hendro.Dasar-Dasar Kewirausahaan.  Jakarta: Erlangga, 2011
Alma buchari.Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta,2013
Thomas W. Zimmerer,dkk.Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta: Salemba Empat, 2008
Muslimin. H Kara dan Jamaluddin.Pengantar Kewirausahaan. Makassar: Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, 2010
Description: Makalah Business Plan (BAB III)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.11.00
TOP