Makalah Teori Belajar Humanistik Full (BAB III)
PENUTUP
A. Kesimpulan
Teori
belajar humanisme memandang manusia
secara utuh sebagai manusia. dan tujuan belajarnya adalah untuk memanusiakan
manusia. Teori belajar ini berusaha memahami perilaku belajar dari sudut
pandang pelakunya, bukan dari sudut pandang pengamatnya. Tujuan utama para pendidik adalah
mambantu siswa untuk mengembangkan dirinya yaitu membantu masing- masing
individu untuk mengenal diri mereka sendiri sebagai manusia yang unik dan membantu dalam mewujudkan potensi- potensi
yang ada pada diri mereka.
B. Saran
Pengertian, prinsip, dan perkembangan
teori pembelajaran hendaknya dipahami oleh para pendidik dan diterapkan dalam
dunia pendidikan dengan benar, sehingga tujuan pendidikan akan benar-benar
dapat dicapai. Dengan memahami berbagai teori belajar, prinsip-prinsip
pembelajaran dan pengajaran, pendidikan yang berkembang di bangsa kita niscaya
akan menghasilkan out put-out put yang berkualitas yang mampu membentuk manusia
Indonesia seutuhnya.
DAFTAR PUSTAKA
Uno, Hamzah. 2006. Orientasi
Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Palmer, J.A. (editor).
2003. 50 Pemikir Pendidikan. Dari Piaget
Sampai Masa Sekarang. (terjemahan :
Farid Assifa). Yogyakarta : Penerbit
Jendela.
Roberts, T.B. 1975. Four Psychologies Applied to Education.
New York : Schenkman Publishing Company Halsted Press Division John Wiley and
Sons
Soemanto, Wasty. 1998. Psikologi
Pendidikan, Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan.
Jakarta:
Rieneka Cipta.
Tadjab. 1994. Ilmu
Jiwa Pendidikan. Surabaya : Karya Abditama.