Pengertian Hasil Belajar Matematika
Kata hasil
dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sesuatu yang diadakan oleh
usaha.
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, secara
etimologis belajar memilki arti “berusaha memperoleh kepandaian atau ilmu”. Definisi
ini memiliki pengertian bahwa belajar adalah sebuah kegiatan untuk mencapai
kepandaian atau ilmu. Di sini, usaha untuk mencapai kepandaian atau ilmu
merupakan usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya mendapatkan ilmu atau
kepandaian yang belum dimiliki sebelumnya. Sehingga dengan belajar itu manusia
menjadi tahu, memahami, mengerti, dapat melaksanakan dan memiliki tentang
sesuatu.
Menurut Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan
Zain, belajar dikatakan berhasil, apabila:
1. Daya serap terhadap bahan pelajaran yang
diajarkan mencapai prestasi tinggi, baik secara individual maupun kelompok.
2. Perilaku yang digariskan dalam tujuan
pelajaran telah dicapai oleh siswa, baik secara individu maupun kelompok.
Belajar
mengandung pengertian terjadinya perubahan dari persepsi dan perilaku, termasuk
juga pebaikan perilaku, misalnya pemuasan kebutuhan masyarakat dan pribadi
secara lebih lengkap.
Menurut
Sumadi Suryabarata, belajar adalah perubahan perilaku yang terjadi sebagai buah
dari kegiatan belajar yang diperoleh oleh peserta didik melalui proses
pembelajaran di kelas maupun di luar kelas.
Proses
perubahan perilaku tersebut ditunjukkan oleh peserta didik dengan menjadi tahu,
menjadi terampil, menjadi berbudi, dan menjadi manusia yang mampu menggunakan
akal pikirannya sebelum bertindak dan mengambil keputusan untuk melakukan
sesuatu.
Belajar
dalam arti yang luas adalah proses perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam
bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan
nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar dalam berbagai dasar yang terdapat dalam berbagai
bidang studi atau lebih luas dalam berbagai aspek kehidupan atau pengalaman yang
terorganisasi. Proses di sini maksudnya adalah adanya interaksi antara individu
dengan suatu sikap, nilai atau kebiasaan, pengetahuan dan keterampilan dalam
hubungannya dengan dunianya sehingga individu itu berubah
Berdasarkan
pengertian hasil dan belajar di atas, maka dapat dipahami makna dari hasil dan
belajar. Sehingga hasil belajar dapat diartikan sebagai suatu kemampuan yang
menyatakan sejauh mana tujuan pengajaran yang telah dicapai oleh siswa
khususnya mata pelajaran matematika melalui pengalaman yang telah diberikan
oleh guru atau pengajar. “Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh oleh
siswa setelah melalui kegiatan belajar”.
Hasil
belajar adalah sesuatu yang telah dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan
belajar. Proses belajar yang dialami oleh siswa menghasilkan
perubahan-perubahan di bidang pengetahuan, pemahaman, keterampilan, nilai dan
sikap.
Hasil
belajar merupakan suatu ukuran berhasil atau tidaknya seorang siswa dalam
proses pembelajaran. Hasil belajar
tidak akan pernah dihasilkan selama seseorang tidak melakukan kegiatan belajar.
Abdurrahman mengemukakan bahwa: “Hasil
belajar adalah prestasi aktual yang ditampilkan oleh anak, hasil belajar
dipengaruhi oleh besarnya usaha (perbuatan yang terarah pada penyelesaian
tugas-tugas belajar) yang dilakukan oleh anak”.
Dengan berbagai definisi yang dipaparkan
di atas penulis dapat menyimpulkan bahwa hasil belajar adalah tingkat
keberhailan dalam menguasai bahan pelajaran setelah memperoleh pengalaman dalam
kurung waktu tertentu yang akan diperlihatkan melalui skor yang diperoleh dalam
tes hasil belajar.
Jika dikaitkan dengan belajar matematika
maka hasil belajar terjadi karena evaluasi yang dilakukan guru dalam
mempelajari matematika. Agar dapat menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan
dan pengajaran maka perlu dilakukan usaha dan tindakan atau kegiatan untuk
menilai hasil belajar.
Penilaian hasil belajar bertujuan untuk
melihat kemajuan belajar peserta didik dalam hal penguasaan materi pengajaran
yang telah dipelajari. Dalam pembelajaran yang terjadi di sekolah atau
khususnya di kelas, guru adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas
hasilnya
Menurut
Howard Kingsley membagi tiga macam hasil belajar yakni :
1.
Keterampilan dan kebiasaan.
2.
Pengetahuan dan pengertian.
3.
Sikap dan cita-cita
Matematika
Menurut Hariwijaya, matematika adalah
suatu ilmu dasar yang mendasari ilmu pengetahuan yang lain, selain itu juga
sebagai penelaah struktur abstrak yang didefinisikan secara aksioma dengan menggunakan
logika simbolik dan notasi.
Menurut Ensiklopedia bebas, kata
matematika berasal dari kata mathema
dalam bahasa yunani yang diartikan sebagai “sains, ilmu pengetahuan, atau
belajar” juga mathematikos yang
diartikan sebagai suku belajar. Jadi dapat disimpulkan bahwa matematika adalah
suatu studi tentang struktur, ruang, dan perubahan.
Menurut Johnson dan Rising dalam Erman Suherman mengemukakan
bahwa “Matematika adalah pola berpikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang
logik, matematika itu merupakan bahasa yang menggunakan istilah yang
didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat, representasinya dengan simbol
dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide daripada mengenai bunyi”.
James
berpendapat bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan
konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yanng lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi dalam tiga
bidang, yaitu aljabar, analisis, dan geometri.
Dari
beberapa pengertian matematika yang dikemukakan oleh para pakar di atas,
penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa matematika adalah suatu ilmu yang
mendasari ilmu pengetahuan yang lain dan
menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas dan akurat.
Berdasarkan uraian di atas, maka
pengertian belajar matematika yang dimaksud penulis dalam hal ini adalah
usaha seseorang untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang perhitungan yang biasanya bersifat abstrak.
Hasil Belajar Matematika
Setelah penulis memaparkan defenisi hasil
belajar dan metematika maka dapat disimpulkan bahwa hasil belaja matematika adalah
ukuran kemampuan siswa untuk memperoleh ilmu pengetahuan tentang perhitungan yang biasanya bersifat abstrak yang
diperoleh berdasarkan usaha yang telah dilakukan yang biasanya diwujudkan dalam
bentuk angka melalui penerapan motode guided note taking dan metode ekspositori.