Artikel Kajian Pendidikan Matematika Menurut Teori Filsafat (BAB III)


KESIMPULAN

Ada keterkaitan yang sangat erat antara filsafat dengan pendidikan matematika.Filsafat Ilmu Pendidikan Matematika berkembang sesuai dengan peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijaksanaan dan pelaksanaan pendidikan Matematika serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Ontologi adalah teori mengenai apa yang ada, dan membahas tentang yang ada, yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Eksistensi dari entitas-entitas matematika juga menjadi bahan pemikiran filsafat. Adapun metode-metode yang digunakan antara lain adalah:abstraksi fisik yang dimana berpusat pada suatu obyek.
Epistemologi merupakan salah satu bagian dari filsafat dimana pemikiran reflektif terhadap segi dari pengetahuan seperti kemungkinan, asal-mula, sifat alami, batas-batas, asumsi dan landasan, validitas dan reliabilitas sampai kebenaran pengetahuan.
Aksiologi yaitu nilai-nilai, ukuran-ukuran mana yang akan dipergunakan dalam seseorang mengembangkan ilmu. Aksiologi : Filsafat nilai, menguak baik buruk, benar-salah dalam perspektif nilai Aksiologi matematika sendiri terdiri dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggungjawab dan peran matematika dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama seni dan budaya dalam kehidupan.
Artikel Kajian Pendidikan Matematika Menurut Teori Filsafat

DAFTAR PUSTAKA
Suriasumantri, S. Jujun. 1982. Filsafat Ilmu sebuah pengantar Populer.  Jakarta : pustaka Sinar harapan.
Suriasumantri, S. Jujun. 2012. Ilmu dalam Perspektif. Sebuah Kumpulan Karangan tentang Hakekat Ilmu. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Muhammad Arif Tiro. 2010. Mencari Kebenaran Suatu tinjauan Filosofis, edisi ketiga. Andira Publisher, Makassar.
Description: Artikel Kajian Pendidikan Matematika Menurut Teori Filsafat (BAB III)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.52.00
TOP