Artikel Kajian Pendidikan Matematika Menurut Teori Filsafat (BAB III)
KESIMPULAN
Ada keterkaitan yang sangat erat antara filsafat dengan pendidikan
matematika.Filsafat Ilmu Pendidikan Matematika berkembang sesuai dengan
peranannya, merupakan landasan filosofis yang menjiwai seluruh kebijaksanaan
dan pelaksanaan pendidikan Matematika serta aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Ontologi adalah teori mengenai apa yang ada, dan membahas tentang yang ada,
yang tidak terikat oleh satu perwujudan tertentu. Eksistensi dari
entitas-entitas matematika juga menjadi bahan pemikiran filsafat. Adapun
metode-metode yang digunakan antara lain adalah:abstraksi fisik yang dimana
berpusat pada suatu obyek.
Epistemologi merupakan salah satu bagian dari filsafat dimana pemikiran
reflektif terhadap segi dari pengetahuan seperti kemungkinan, asal-mula, sifat
alami, batas-batas, asumsi dan landasan, validitas dan reliabilitas sampai
kebenaran pengetahuan.
Aksiologi yaitu nilai-nilai, ukuran-ukuran mana yang akan dipergunakan
dalam seseorang mengembangkan ilmu. Aksiologi : Filsafat nilai, menguak baik
buruk, benar-salah dalam perspektif nilai Aksiologi matematika sendiri terdiri
dari etika yang membahas aspek kebenaran, tanggungjawab dan peran matematika
dalam kehidupan, dan estetika yang membahas mengenai keindahan matematika dan
implikasinya pada kehidupan yang bisa mempengaruhi aspek-aspek lain terutama
seni dan budaya dalam kehidupan.
Artikel Kajian Pendidikan Matematika Menurut Teori Filsafat
DAFTAR PUSTAKA
Suriasumantri,
S. Jujun. 1982. Filsafat Ilmu sebuah pengantar Populer. Jakarta : pustaka Sinar harapan.
Suriasumantri,
S. Jujun. 2012. Ilmu dalam Perspektif. Sebuah Kumpulan Karangan tentang
Hakekat Ilmu. Jakarta : Yayasan Pustaka Obor Indonesia
Muhammad
Arif Tiro. 2010. Mencari
Kebenaran Suatu tinjauan Filosofis, edisi ketiga. Andira
Publisher, Makassar.