Artikel Lengkap Aliran Developmentalis


Artikel Lengkap Aliran Developmentalis
A.    PENDAHULUAN
Pendidikan senantiasa mengandung pemikiran dan kajian baik secara konsptual dan operasionalnya. Proses pendidikan merupakan proses perkembangan jiwa, yaitu hasil dari aktivitas dan reaksinya terhadap lingkungan, karena pendidikan merupakan gabungan nature/pembawaan dan nurture (asuhan lingkungan). Pengembangan pendidikan mengutamakan pendidikan secara universal.
Pemikiran-pemikiran yang membawa pembaruan pendidikan disebut aliran-aliran pendidikan. Aliran-aliran pendidikan yang ada dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan yang ada di dalam dunia pendidikan contohnya  aliran developmentalisme dimana aliran ini memusatkan perhatian pendidikan pada kemampuan bawaan anak didik yang dikembangkan melalui perkembangan yang dipengaruhi lingkungannya.

B.     PEMBAHASAN
            1.      Pengertian Aliran Developmentalisme
Developmentalis adalah faham yang mencoba menerapkan prinsip-prinsip Nalurulisme Romantic Roussou atau pendidikan alam di sekolah dengan menberikan peranan yang lebih positif dari pendidik didalam mengawal dan melancarkan proses pengembangan yang wajar dari  kemampuan-kemampuan bawaan yang terkandung dalam diri setiap individu.
            2.      Karakteristik Aliran Developmentalisme
a.       Pendidikan adalah pengembangan pembawaan yang disertai oleh asuhan yang baik.
b.      Pendidikan didasarkan pada perkembangan anak melalui observasi dan eksperiment.
c.    Perbaikan ditekankan pada metode mengajar, pendidikan guru dan pemahaman tentang karakteristik proses pendidikan yang lebih baik.
d.      Pengembangan pendidikan mengutamakan perbaikan pendidikan dasar.
e.       Pengembangan pendidikan mengutamakan pada  pengembangan pendidikan universal.
Adapun tokoh-tokoh developmentalisme adalah sebagai berikut :
a.       Pestalozzi dan Pestalozzianisme (1746-1827)
b.      Herbart dan herbartianisme (1776-1841)
c.       Froebel dan Freobelianisme
           3.      Metode pendidikan aliran developmentalisme
Friendrich Froebel menyampaikan ada beberapa hal terkait aliran pendidikan developmentalisme, yaitu: teori nilai, pengetahuan, pembelajaran, sosial, alamiah manusia, kesempatan, dan dan tarnsmisi. Beliau juga menyebutkan bahwa tujuan pendidikan yaitu pencapaian keselarasan melalui kegiatan sendiri. Pendidikan berperan untuk memimpin manusia, yaitu: jelas tentang dirinya, hal tentang dirinya, perdamaian dengan alam, dan dekat dengan Tuhan.
Metode pendidikan yang bisa diterapkan pada aliran pendidikan developmentalisme:
a.       Pengarahan Kegiatan Sendiri
b.      Penemuan Sebagai Pernyataan Diri;
c.       Menggambar;
d.      Ritme (Musik/Bahasa)/Budaya;
e.       Alat-Alat Pendidikan (Bahan Ajar/Media Pembelajaran).
Sedangkan kurikulum pendidikannya berupa penekanan pada sifat asli anak, karena belajar adalah hasil kehidupan aktifnya, objek pembelajaran dapat mendorong anak belajar, jadi bukan hanya meperoleh pengetahuan tetapi belajar merupakan prose melatih keteramilan serta peningkatan kekuatan kemauan dan karakter. Belajar tentunya merupakan kegiatan konstrukif dan produktif.
Herbart menginginkan pembentukan manusia susila yang bermoral tinggi melalui pengembangan minat yang seluas-luasnya. Minat anak dikembangkan melalui pengajaran.
C.    PENUTUP
           1.      Kesimpulan
a.   Developmentalis adalah faham yang mencoba menerapkan prinsip-prinsip Nalurulisme Romantic Roussou.
b.  Karakterristik aliran Developmentalisme mengedepandankan pembawaan yang disertai oleh asuhan yang baik, perkembangan anak melalui observasi dan eksperiment, Perbaikan ditekankan pada metode mengajar, pendidikan guru dan pemahaman tentang karakteristik proses pendidikan yang lebih baik, mengutamakan perbaikan pendidikan dasar dan universal.
            2.      Saran
            Diharapkan pengembangan yang lebih mendalam terhadap keseluruhan isi dari makalah ini
Description: Artikel Lengkap Aliran Developmentalis
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 22.47.00
TOP