Artikel Lengkap Asesmen Pembelajaran Fisika (BAB I)
PENDAHULUAN
Dalam
kehidupan sehari-hari, setiap orang sering dihadapkan pada masalah pengambilan
keputusan. Demikian pula dalam kegiatan belajar mengajar, guru harus mengambil
keputusan apakah seorang siswa harus mengulang materi tertentu, apakah seorang
siswa pantas naik kelas, ataukah harus tidak lulus. Tentu saja bukan pekerjaan
mudah untuk membuat keputusan tersebut. Diperlukan berbagai pertimbangan yang
matang agar diperoleh keputusan yang benar dan tepat sehingga tidak merugikan
siswa.
Untuk mendapatkan
keputusan yang tepat, diperlukan informasi yang memadai tentang siswa, seperti
penguasaan mereka terhadap materi,
sikap, dan perilakunya. Dalam konteks inilah, evaluasi memegang peran yang
cukup penting. Dari sini pula evaluasi diharapkan dapat memberikan umpan balik
yang objektif tentang apa yang telah dipelajari siswa, bagaimana siswa belajar
dan bagaimana pula efektivitas pembelajaran. Dengan demikian bila guru dapat
melakukan evaluasi secara baik maka dapat dipastikan ia memiliki kemampuan mengajar
yang baik.
Uraian ini menandakan bahwa bila seseorang ingin menjadi guru yang baik maka harus memiliki kemampuan yang cukup tentang evaluasi karena pembelajaran dan evaluasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Evaluasi merupakan komponen utama dalam tugas dan pekerjaan guru.
BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI
Uraian ini menandakan bahwa bila seseorang ingin menjadi guru yang baik maka harus memiliki kemampuan yang cukup tentang evaluasi karena pembelajaran dan evaluasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Evaluasi merupakan komponen utama dalam tugas dan pekerjaan guru.
BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI