Artikel Lengkap Asesmen Pembelajaran Fisika (BAB I)


Assesmen Pembelajaran Fisika
BAB I
PENDAHULUAN

Dalam kehidupan sehari-hari, setiap orang sering dihadapkan pada masalah pengambilan keputusan. Demikian pula dalam kegiatan belajar mengajar, guru harus mengambil keputusan apakah seorang siswa harus mengulang materi tertentu, apakah seorang siswa pantas naik kelas, ataukah harus tidak lulus. Tentu saja bukan pekerjaan mudah untuk membuat keputusan tersebut. Diperlukan berbagai pertimbangan yang matang agar diperoleh keputusan yang benar dan tepat sehingga tidak merugikan siswa.
Untuk mendapatkan keputusan yang tepat, diperlukan informasi yang memadai tentang siswa, seperti penguasaan  mereka terhadap materi, sikap, dan perilakunya. Dalam konteks inilah, evaluasi memegang peran yang cukup penting. Dari sini pula evaluasi diharapkan dapat memberikan umpan balik yang objektif tentang apa yang telah dipelajari siswa, bagaimana siswa belajar dan bagaimana pula efektivitas pembelajaran. Dengan demikian bila guru dapat melakukan evaluasi secara baik maka dapat dipastikan ia memiliki kemampuan mengajar yang baik. 
Uraian ini menandakan bahwa bila seseorang ingin menjadi guru yang baik maka harus memiliki kemampuan yang cukup tentang evaluasi karena pembelajaran dan evaluasi merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kegiatan belajar mengajar. Evaluasi merupakan komponen utama dalam tugas dan pekerjaan guru.

BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI 
Description: Artikel Lengkap Asesmen Pembelajaran Fisika (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 22.56.00
TOP