Makalah Modal Dan Struktur Kerja (BAB III)


PENUTUP
     A.    Kesimpulan
     1.      Modal adalah sesuatu yang diperlukan untuk membiayai operasi perusahaan mulai dari berdiri sampai beroperasi. Modal terdiri dari uang dan tenaga (keahlian).
   2.  Kebutuhan modal untuk menjalankan usaha terdiri dari dua macam, yaitu: modal investasi dan modal kerja. Modal investasi digunakan untuk jangka panjang dan dapat digunakan berulang-ulang. Biasanya umurnya lebih dari satu tahun. Sementara modal kerja digunakan untuk jangka pendek dan beberapa kali dipakai dalam satu proses produksi. Jangka waktu modal kerja biasanya tidak lebih dari satu tahun.
3.      Sumber modal terdiri dari modal sendiri dan modal asing (pinjaman).
4.      Baik modal sendiri maupun modal pinjaman masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
5.      Struktur kerja kewirausahaan biasa diistilahkan dengan struktur organisasi kerja dalam kewirausahaan. Struktur kerja diartikan sebagai susunan komponen-komponen (unit-unit kerja) dalam kewirausahaan.
6.      Ada enam elemen kunci yang perlu diperhatikan seorang dalam menentukan struktur kerja, yaitu: spesialisasi pekerjaan, departementalisasi, rantai komando, rentang kendali, sentralisasi dan desentralisasi, formalisasi.
7.      Macam-macam struktur organisasi terdiri dari, Organisasi Garis (Henry Fayol), Organisasi garis dan staf (Harrington Emilson), danStruktur organisasi Fungsional (Winslow Taylor).

B.     Saran
Sebaiknya seseorang yang ingin memulai sebuah usaha terlebih dahulu mencari modal dan menentukan struktur kerja agar usaha dapat terstruktur dengan baik.
DAFTAR PUSTAKA

Kasmir. 2006. Kewirausahaan. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Wijandi, Soesarsono.2000.Pengantar Kewiraswastaan.Sinar Baru Algensindo: Bandung.
Description: Makalah Modal Dan Struktur Kerja (BAB III)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.29.00
TOP