Makalah Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar (BAB III)


PENUTUP


A. Kesimpulan
Berdasarkan Pembahasan yang telah diuraikan pada babsebelumnya, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1.      a.   Prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian usaha belajar yang dinyatakan dalam bentuk angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu.
b.  Lingkungan keluarga adalah segala sesuatu yang berada di sekitar individu yang merupakan hubungan dan peranan yang sangat penting dalam perkembangan individu yang mempunyai ikatan- ikatan,baik ikatan perkawinan, darah ataupun adopsi.
c.     Lingkungan masyarakat adalah segala sesuatu yang berada di sekitar sekumpulan banyak orang dengan berbagai ragam kualitas dari mulai dari yang tidak berpendidikan sampai kepada yang berpendidikan tinggi.
2.      a.   Lingkungan keluarga akan berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik  di mana ia menerima pengaruh berupa; 1) Cara orang tua mendidik anak, 2) Relasi antara nggota keluarga, 3) Suasana rumah, 4) Keadaan ekonomi Keluarga, dan 5) Pengertian orang tua.
 b.  Faktor ekstern yang juga berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa antaranya dipengaruh  berupa; 1) Mass media, 2) Teman bergaul, dan 3) Bentuk dalam kehidupan masyarakat.

B. Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis makalah memberikan saran yang mungkin dapat digunakan sebagai berikut;
1. Bagi para siswa : Dari pembahasan di atas bahwa lingkungan keluarga memberikan pengaruh yang pada prestasi belajar siswa. Karena itu para siswa diharapkan untuk bersama-sama ikut membangun lingkungan keluarga yang harmonis agar suasana rumah berlangsung dengan baik dan nyaman, aman dan tentram untuk belajar.
2. Bagi orang tua : Orang tua hendaknya selalu berusaha membina rumah tangga yangsejahtera dan memberikan asuhan, bimbingan, arahan serta motivasi kepada anak sehingga anak merasa betah di rumah dan tenang dalam belajar. Orang tua harus memberikan dukungan dan pengawasan yang baik. Dukungan dapat berupa pemenuhan fasilitas belajar, mislnya buku tulis, bolpen, buku panduan belajar, tempat untuk belajar dan penerangan yang cukup, serta suasana saling pengertian, dan pemberian motivasi kepada anak, sehingga anak betah di rumah. Keharmonisan keluarga perlu diciptakan dengn cara bersma-sama ikut membangun lingkngan kelurga yang harmonis dan diusahakan oleh segenap anggota keluarga, sehingga anak merasa betah di rumah dan terbiasa dengan hak dan kewajiban sebagai anak. Sebab sikap dan perilaku orang tua terhadap anak akan membawa dampak terhadap perkembangan anak.

DAFTAR PUSTAKA

Abdurrahman, Mulyono.2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar.Jakarta. Rineke Cipta.
Hasbullah. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.
Nana Syaodah Sukmadinata. 2007. Bimbingan dan Konseling. Bandung: Maestro.
Purwanto, Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remadja Karya.
____________ 1994. Ilmu Pendidikan. Bandung: Remja Rosdakarya.
Sardjoe. 1993. Psikologi Umum. Pasuruan: Garuda Buana Indah.
Singgih D. Gunarso. 2000. Psikologi Praktis, anak, Remaja, dan Keluarga.Jakarta : BPK Gunung Mulia.
Syam, Mohamad Noor. 1998. Filsafat Pendidikan dan Dasar Filsafat Pancasila.Surabaya: Usaha Nasional.
Tirtonegoro, Sutrtinah 2001. Anak Supernormal dan Program Pendidikannya.Jakarta: Bumi Aksara.
Uzer Usman dan Lilis Setiawati. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Be lajarMengajar. Bandung: PT. Remaja Rosada Karya.
Description: Makalah Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Prestasi Belajar (BAB III)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 16.57.00
TOP