Makalah Pengaruh Motivasi, Kepribadian Dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar (BAB I)
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Prestasi yang dapat
dicapai seseorang individu merupakan interaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhi
baik dalam diri subjek (faktor internal) dan di luar subjek (faktor eksternal).
Dijelaskan bahwa ada
beberapa factor utama yang mempengaruhi prestasi belajar sebagai berikut : Faktor
Internal (dari dalam diri siswa), yaitu factor keadaan jasmani (fisiologis) dan
psikologis.
1.
Yang termasuk faktor
fisiologis, baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh misalnya
:Penglihatan, pendengaran dan struktur
tubuh.
2.
Faktor psikologis baik
yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh.Misalnya : Kecerdasan, Bakat, Minat dan dan
konsentrasi.
Faktor eksternal yang mempengaruhi Prestasi Belajar diantaranya:
Faktor eksternal yang mempengaruhi Prestasi Belajar diantaranya:
1. Faktor social yang
terdiri atas : Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Lingkungan
masyarakaT dan Lingkungan kelompok.
2.
Faktor lingkungan
fisik seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar, dan iklim suasana lingkungan
eksternal menyangkut banyak hal antara lain : Kondisi tempat (keberhasilan, letak
sekolah, pengaturan fisik kelas, ketenangan, dan kegaduhan), cuaca (suhu udara,
mendung, hujan, kelembaban), waktu (pagi, siang, sore, petang, malam),
penerangan (berlampu, sinar matahari, gelap, remang-remang) dan sebagainya.
Faktor-faktor ini akan mempengaruhi sikap dan reaksi individu dalam aktifitas
belajarnya, sebab individu yang belajar adalah interaksi dengan lingkungannya.
3.
Faktor Budaya seperti
adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian. yang ada dimana anak itu hidup, sangat mempengaruhi
tingkah laku atau kepribadiannya. Misalnya : adat istiadat, tradisi, pandangan
masyarakat dan lain sebagainya akan mampu membentuk sikap mental serta kelakuan
anak. Anak yang hidup dipedesaan, biasanya lebih cepat memperoleh kematangan
bila dibandingkan dengan anak-anak yang hidup dikota. Anak yang lebih banyak
mendapatkan kesempatan belajar baik formal maupun nonformal, akan lebih banyak
memperoleh pengetahuan dan pengalaman, serta akan lebih cepat mencapai
kematangan intelektual maupun emosionalnya bila dibandingkan dengan anak yang
kurang memperoleh kesempatan belajar.
4.
Faktor lingkungan
spiritual atau keamanan : apabila bertempat tinggal dalam lingkungan keluarga
yang beragama sehingga anak akan merasa aman, tenang dalam hal ini akan berpenaruh
positif terhadap belajar anak karena anak tidak merasa takut dan cemas lagi
sehingga dapat berkonsentrasi dalam pelajarannya.
Faktor-faktor tersebut
di atas saling berintegrasi secara langsung atau tidak langsung dalam mendukung
dan mencapai prestasu belajar. Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi
belajar, dapat digolongkan menjadi tiga macam faktor-faktor stimuli belajar, faktor-faktor metode
belajar dan faktor individual.
Kalau ditelusuri
secara lebih rinci, maka kesimpulannya adalah faktor tersebut hanya ada dua
yakni internal dan eksternal. Dimana internal meliputi bakat, minat,
intelegensia, motivasi, kepribadian dan konsentrasi. Sedangkan eksternalnya
meliputi lingkungan (Keluarga, masyarakat dan sekolah).
B.
Rumusan Masalah Penulisan Makalah
1. Bagaimana pengaruh motivasi, kepribadian dan konsentrasi terhadap prestasi belajar peserta didik ?
2. Seperti apakah motivasi, kepribadian serta konsentrasi yang dimiliki oleh siswa?
1. Bagaimana pengaruh motivasi, kepribadian dan konsentrasi terhadap prestasi belajar peserta didik ?
2. Seperti apakah motivasi, kepribadian serta konsentrasi yang dimiliki oleh siswa?
C.
Tujuan Penulisan Makalah
1. Menemukan pengaruh motivasi, kepribadian dan konsentrasi terhadap prestasi belajar peserta didik.
1. Menemukan pengaruh motivasi, kepribadian dan konsentrasi terhadap prestasi belajar peserta didik.
2. Mengetahui motivasi,
kepribadian dan konsentrasi yang seperti apa yang dimiliki oleh peserta didik.
BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI
BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI