Makalah Pengaruh Motivasi, Kepribadian Dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar (BAB I)


Pengaruh Motivasi, Kepribadian Dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar
BAB I
PENDAHULUAN
      A.    Latar Belakang
Prestasi yang dapat dicapai seseorang individu merupakan interaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhi baik dalam diri subjek (faktor internal) dan di luar subjek (faktor eksternal). 
Dijelaskan bahwa ada beberapa factor utama yang mempengaruhi prestasi belajar sebagai berikut : Faktor Internal (dari dalam diri siswa), yaitu factor keadaan jasmani (fisiologis) dan psikologis.
     1.      Yang termasuk faktor fisiologis, baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh misalnya :Penglihatan, pendengaran  dan struktur tubuh.
    2.    Faktor psikologis baik yang bersifat bawaan maupun yang diperoleh.Misalnya : Kecerdasan, Bakat, Minat dan dan konsentrasi.  
             Faktor eksternal yang mempengaruhi Prestasi Belajar diantaranya:
   1.   Faktor social yang terdiri atas : Lingkungan keluarga, Lingkungan sekolah, Lingkungan masyarakaT dan Lingkungan kelompok.
    2.    Faktor lingkungan fisik seperti fasilitas rumah, fasilitas belajar, dan iklim suasana lingkungan eksternal menyangkut banyak hal antara lain : Kondisi tempat (keberhasilan, letak sekolah, pengaturan fisik kelas, ketenangan, dan kegaduhan), cuaca (suhu udara, mendung, hujan, kelembaban), waktu (pagi, siang, sore, petang, malam), penerangan (berlampu, sinar matahari, gelap, remang-remang) dan sebagainya. Faktor-faktor ini akan mempengaruhi sikap dan reaksi individu dalam aktifitas belajarnya, sebab individu yang belajar adalah interaksi dengan lingkungannya.
     3.    Faktor Budaya seperti adat istiadat, ilmu pengetahuan, teknologi, kesenian.  yang ada dimana anak itu hidup, sangat mempengaruhi tingkah laku atau kepribadiannya. Misalnya : adat istiadat, tradisi, pandangan masyarakat dan lain sebagainya akan mampu membentuk sikap mental serta kelakuan anak. Anak yang hidup dipedesaan, biasanya lebih cepat memperoleh kematangan bila dibandingkan dengan anak-anak yang hidup dikota. Anak yang lebih banyak mendapatkan kesempatan belajar baik formal maupun nonformal, akan lebih banyak memperoleh pengetahuan dan pengalaman, serta akan lebih cepat mencapai kematangan intelektual maupun emosionalnya bila dibandingkan dengan anak yang kurang memperoleh kesempatan belajar.
    4.    Faktor lingkungan spiritual atau keamanan : apabila bertempat tinggal dalam lingkungan keluarga yang beragama sehingga anak akan merasa aman, tenang dalam hal ini akan berpenaruh positif terhadap belajar anak karena anak tidak merasa takut dan cemas lagi sehingga dapat berkonsentrasi dalam pelajarannya.
Faktor-faktor tersebut di atas saling berintegrasi secara langsung atau tidak langsung dalam mendukung dan mencapai prestasu belajar. Dari sekian banyak faktor yang mempengaruhi belajar, dapat digolongkan menjadi tiga macam faktor-faktor stimuli belajar, faktor-faktor metode belajar dan faktor individual.
Kalau ditelusuri secara lebih rinci, maka kesimpulannya adalah faktor tersebut hanya ada dua yakni internal dan eksternal. Dimana internal meliputi bakat, minat, intelegensia, motivasi, kepribadian dan konsentrasi. Sedangkan eksternalnya meliputi lingkungan (Keluarga, masyarakat dan sekolah).

B.     Rumusan Masalah Penulisan Makalah 
1.      Bagaimana pengaruh motivasi, kepribadian dan konsentrasi terhadap prestasi belajar peserta didik ? 
2.      Seperti apakah motivasi, kepribadian serta konsentrasi yang dimiliki oleh siswa?
C.    Tujuan Penulisan Makalah 
1.  Menemukan pengaruh motivasi, kepribadian dan konsentrasi terhadap prestasi belajar peserta didik.
     2.  Mengetahui motivasi, kepribadian dan konsentrasi yang seperti apa yang dimiliki oleh peserta didik.
  
      BAB SELANJUTNYA KLIK DI SINI 
Description: Makalah Pengaruh Motivasi, Kepribadian Dan Konsentrasi Terhadap Prestasi Belajar (BAB I)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.10.00
TOP