Makalah Psikologi Perkembangan Moral Manusia Full (BAB III)
PENUTUP
A. Kesimpulan
Bahwa perkembangan dan pertumbuhan anak
sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Setiap tahap perkembangan individu harus
sejalan dengan perkembangan aspek-aspek lainnya, yaitu fisik, psikis,
emosional, moral dan sosial. Karakristik
di dalam pertumbuhan anak yaitu pertumbuhan
fisik atau jasmani, perkembangan intelektual dan emosional, perkembangan Moral, sosial, dan sikap.
Pada perkembangannya anak-anak dipengaruhi oleh peniruan. dan pendidik perlu
memahami bahwa remaja yang dalam proses perkembangan dan perubahan boleh
menimbulkan pelbagai masalah. Pendidik perlu menggunakan pendekatan psikologi
pendidikan. Untuk melaksanakan pendekatan psikologi pendidikan, terlebih dulu
penpendidikan perlu memahami psikologi remaja. Sejalan dengan pencapaian tujuan pendidikan,
perlu diupayakan suatu sistem pendidikan yang mampu membentuk kepribadian dan
ketrampilan peserta didik yang unggul, yaitu Learning to Know (belajar untuk tahu), Learning to Do (Belajar untuk melakukan),
Learning to be (Belajar untuk
menjadi diri sendiri), Learning
To Live Together (Belajar untuk Hidup Bersama) dalam pengembangan Potensi remaja, potensi
peserta didik merupakan proses yang disengaja dan sistematis dalam
membiasakan/mengkondisikan peserta didik agar memiliki kecakapan dan
keterampilan hidup.
B. Saran
1. Dalam perkembangan anak, orang tua
diharapkan memberikan perhatian yang maksimal kepada anaknya sehingga anak
tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak benar dan menyimpang norma-norma yang ada
pada masyarakat dan nantinya anak tersebut dapat tumbuh menjadi anak yang
berguna bagi dirinya, bangsa dan Negara.
2. Guru dan orang tua seharusnya bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pengawasan belajar pada anak.
2. Guru dan orang tua seharusnya bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pengawasan belajar pada anak.