Makalah Psikologi Perkembangan Moral Manusia Full (BAB III)


PENUTUP
      A.    Kesimpulan
Bahwa perkembangan dan pertumbuhan anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan. Setiap tahap perkembangan individu harus sejalan dengan perkembangan aspek-aspek lainnya, yaitu fisik, psikis, emosional, moral dan sosial.  Karakristik di dalam pertumbuhan anak yaitu pertumbuhan fisik atau jasmani, perkembangan intelektual dan emosional, perkembangan Moral, sosial, dan sikap. Pada perkembangannya anak-anak dipengaruhi oleh peniruan. dan pendidik perlu memahami bahwa remaja yang dalam proses perkembangan dan perubahan boleh menimbulkan pelbagai masalah. Pendidik perlu menggunakan pendekatan psikologi pendidikan. Untuk melaksanakan pendekatan psikologi pendidikan, terlebih dulu penpendidikan perlu memahami psikologi remaja. Sejalan dengan pencapaian tujuan pendidikan, perlu diupayakan suatu sistem pendidikan yang mampu membentuk kepribadian dan ketrampilan peserta didik yang unggul, yaitu Learning to Know (belajar untuk tahu), Learning to Do (Belajar untuk melakukan), Learning to be (Belajar untuk menjadi diri sendiri), Learning To Live Together (Belajar untuk Hidup Bersama) dalam pengembangan Potensi remaja, potensi peserta didik merupakan proses yang disengaja dan sistematis dalam membiasakan/mengkondisikan peserta didik agar memiliki kecakapan dan keterampilan hidup.

B.     Saran
1.  Dalam perkembangan anak, orang tua diharapkan memberikan perhatian yang maksimal kepada anaknya sehingga anak tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak benar dan menyimpang norma-norma yang ada pada masyarakat dan nantinya anak tersebut dapat tumbuh menjadi anak yang berguna bagi dirinya, bangsa dan Negara. 
2.  Guru dan orang tua seharusnya bekerja sama dalam meningkatkan kualitas pengawasan belajar pada anak.
Description: Makalah Psikologi Perkembangan Moral Manusia Full (BAB III)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.36.00
TOP