Makalah Tentang Pendidikan Anak Usia Dini (BAB III)
Dari pembahasan di atas, dapat kita ambil beberapa kesimpulan
sebagai berikut:
1. Psikologi
pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mempelajari bagaimana manusia
belajar guna mencapai tujuan pendidikan nasional yang sesuai dengan standar
nasional pendidikan sehingga terselenggara proses pendidikan yang interaktif,
inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk
berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa,
kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik
serta psikologis peserta didik.
2. Pendidikan anak usia dini ialah proses pendidikan yang
diselenggarakan bagi anak-anak balita guna membentuk mental, akhlak, dan
kepribadian, serta perilaku yang alangkah baiknya diselenggarakan di lingkungan
rumah bersama keluarga, sehingga tetap memperhatikan perkembangan peserta didik
secara komprehensif, walau sangat penting juga bagi anak untuk bersosial dengan
teman sebayanya.
3. Psikologi pendidikan memiliki peranan yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya bagi anak usia dini, karena dengan psikologi pendidikan, kita dapat merencanakan dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak usia dini.
3. Psikologi pendidikan memiliki peranan yang sangat mendasar dalam penyelenggaraan pendidikan, khususnya bagi anak usia dini, karena dengan psikologi pendidikan, kita dapat merencanakan dan mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak usia dini.