Makalah Masalah-Masalah Dalam Belajar (BAB IV)


PENUTUP

A.    Kesimpulan
Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan kenyataan, ada yang melihat sebagai tidak terpenuhinya kebutuhan seseorang, dan ada pula yang mengartikannya sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Sedangkan belajar ialah sesuatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.  Dari definisi masalah dan belajar dapat di tarik kesimpulan bahwa masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang dialami oleh murid akan menghambat kelancaran proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Kondisi tertentu itu dapat berkenaan dengan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan dan dapat juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi dirinya.
Secara garis besarnya ada dua faktor yang menjadi penyebab timbulnya permasalahan dalam belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal merupakan salah satu faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap cara belajar seseorang. Yang termasuk faktor internal itu adalah faktor kesehatan, cacat tubuh, inteligensi, perhatian, bakat, minat dan motivasi. Sedangkan Faktor eksternal merupakan faktor yang bersumber dari luar seseorang yang dapat mempengaruhi belajar. Faktor yang berasal dari luar diri ini dapat digolongkan menjadi dua golongan yaitu faktor keluarga yang mencakup (cara orang tua mendidik, keadaan ekonomi keluarga, latar belakang pendidikan) dan faktor sekolah yang mencakup (metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa, relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah, keadaan gedung dan metode belajar).

B.     Saran
Agar proses belajar siswa dapat berlangsung dengan baik, diharapkan guru memberi sistem pembelajaran yang yang lebih efektif, dan juga bimbingan kepada para siswa, sehingga permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dialami oleh para siswa dapat diminimalisir.


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, H. M. Drs. dkk., Pengembangan Kurikulum, Cet. I; Bandung: Uptake Setia, 1998
Dalyono, Drs. M., Psikologi  Pendidikan, Cet. I; Jakarta: PT. Rineka, 1997
Dimyati, Dr. dan Mudjiono, Drs.,  Belajar dan Pembelajaran, Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999

Gagne, R.M, (1984). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran, Tejemahan Munadir. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. 1989

Hamalik, Oemar Dr., Psikologi Belajar dan Mengajar, Cet. III; Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002

Ormrod Leanne Ellis. Psikologi Pendidikan. Cet. 6; Jakarta: Erlangga. 2009.

Prayitno.Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia.1985

Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cet. V; Jakarta: Rineka Cipta. 2010.

Sujanto, Agus Drs. dkk. Psikologi Kepribadian, Cet. VI; Jakarta: Bumi Aksara, 1993

Surakhmad, Winarno. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, (Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran), Cet. V; Bandung: Tarsito, 1999

Syah Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. 5; Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2006.

Woolfolk, Anita E. Education Psychology, USA : Allin and Bacon. 1995
Description: Makalah Masalah-Masalah Dalam Belajar (BAB IV)
Rating: 4.5
Reviewed by: Rumah Makalah
On: 08.39.00
TOP