Makalah Masalah-Masalah Dalam Belajar (BAB IV)
PENUTUP
A. Kesimpulan
Masalah adalah ketidaksesuaian antara harapan dengan
kenyataan, ada yang melihat sebagai tidak terpenuhinya kebutuhan seseorang, dan
ada pula yang mengartikannya sebagai suatu hal yang tidak mengenakan. Sedangkan
belajar ialah sesuatu proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu
perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman
individu itu sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya. Dari definisi masalah dan belajar dapat di
tarik kesimpulan bahwa masalah belajar adalah suatu kondisi tertentu yang
dialami oleh murid akan menghambat kelancaran proses yang dilakukan individu
untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan. Kondisi
tertentu itu dapat berkenaan dengan dirinya yaitu berupa kelemahan-kelemahan
dan dapat juga berkenaan dengan lingkungan yang tidak menguntungkan bagi
dirinya.
Secara garis besarnya ada dua faktor yang
menjadi penyebab timbulnya permasalahan dalam belajar yaitu faktor internal dan
faktor eksternal. Faktor
internal merupakan salah satu faktor yang sangat besar pengaruhnya terhadap
cara belajar seseorang. Yang termasuk faktor internal itu adalah faktor
kesehatan, cacat tubuh, inteligensi, perhatian, bakat, minat dan motivasi.
Sedangkan Faktor
eksternal merupakan faktor yang bersumber dari luar seseorang yang dapat
mempengaruhi belajar. Faktor yang berasal dari luar diri ini dapat digolongkan
menjadi dua golongan yaitu faktor keluarga yang mencakup (cara orang tua
mendidik, keadaan ekonomi keluarga, latar belakang pendidikan) dan faktor
sekolah yang mencakup (metode mengajar, kurikulum, relasi guru dengan siswa,
relasi siswa dengan siswa, disiplin sekolah, pelajaran dan waktu sekolah,
keadaan gedung dan metode belajar).
B. Saran
Agar
proses belajar siswa dapat berlangsung dengan baik, diharapkan guru memberi sistem
pembelajaran yang yang lebih efektif, dan juga bimbingan kepada para siswa, sehingga
permasalahan-permasalahan pembelajaran yang dialami oleh para siswa dapat
diminimalisir.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmad, H. M. Drs. dkk., Pengembangan
Kurikulum, Cet. I; Bandung: Uptake Setia, 1998
Dalyono, Drs.
M., Psikologi Pendidikan, Cet. I; Jakarta: PT. Rineka, 1997
Dimyati, Dr. dan Mudjiono, Drs., Belajar
dan Pembelajaran, Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999
Gagne, R.M, (1984). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran, Tejemahan
Munadir. Jakarta : Depdikbud Dirjen Pendidikan Tinggi. 1989
Hamalik, Oemar Dr., Psikologi Belajar dan Mengajar, Cet. III;
Bandung: Sinar Baru Algesindo, 2002
Ormrod
Leanne Ellis. Psikologi Pendidikan. Cet.
6; Jakarta: Erlangga. 2009.
Prayitno.Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Padang: Ghalia Indonesia.1985
Slameto.
Belajar dan Faktor-Faktor yang
Mempengaruhinya. Cet. V; Jakarta: Rineka Cipta. 2010.
Sujanto, Agus Drs. dkk. Psikologi Kepribadian, Cet. VI; Jakarta:
Bumi Aksara, 1993
Surakhmad, Winarno. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar, (Dasar dan
Teknik Metodologi Pengajaran), Cet. V; Bandung: Tarsito, 1999
Syah
Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. 5;
Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 2006.